logo

PON XX Papua: Noah, D’Masiv Dan Deretan Artis Top Meriahkan Penutupan

PON XX Papua: Noah, D’Masiv Dan Deretan Artis Top Meriahkan Penutupan

15 Oktober 2021 13:04 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Deretan grup band dan artis top nasional maupun lokal akan memeriahkan upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Tahun 2021 Papua. Grup band Noah akan tampil di Jayapura dan D’Masif di Kabupaten Mimika.

Wakil Presiden RI Makruf Amin akan menutup pesta olahraga empat tahunan terakbar di Tanah Air itu di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021). Tempat yang sama ketika Presiden Joko Widodo membuka gelaran bersejarah di Bumi Cendrawsih itu Minggu (2/10/2021) lalu.

Menurut PB PON dalam akun instagramnya akan tampil Noah menggoyang Jayapura. Sedangkan Sekretaris Umum Sub PB PON Klaster Mimika, Cesar Avianto mengatakan, band ternama Indonesia,  D’Masiv akan membuai acara penutupan di kabupaten itu.

Ariel mengaku antusiastis bisa menjadi bagian pengisi upacara penutupan PON Papua yang merupakan pesta olahraga terbesar di Tanah Air.

Sebagai musisi, dia berharap PON Papua tidak hanya dapat menjadi momentum untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet nasional, tetapi juga memunculkan sekaligus memperkenalkan musisi asli Papua untuk meramaikan industri musik Indonesia.

Selain Noah, beberapa musisi lain ibu kota yang akan meramaikan upacara penutupan PON, antara lain Saykoji, Iwa K, dan sejumlah musisi asli Papua seperti Nogei dan Blasta Rap Merauke.

Penutupan PON XX Papua tahun 2021 tidak hanya dilakukan di Jayapura. Panitia Sub Klaster Mimika juga akan melakukan acara yang sama dengan menghadirkan grup band ternama Indonesia, yakni D’Masiv.

Penyanyi asal Ambon, Maluku, Mitha Talahatu juga akan dihadirkan di acara tersebut, termasuk band lokal dan grup kesenian Papua.

Acara yang akan digelar di Lapangan Timika Indah, Jumat (15/10/2021) bertemakan Gebyar Festival Eme Neme Yauware.

Sekretaris Umum Sub PB PON Klaster Mimika, Cesar Avianto menjelaskan acara tersebut dilaksanakan, karena Gebyar PON belum terlaksana pada saat Pra PON lalu, sehingga disepakati dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2021 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng juga sebagai ketua umum Sub PB PON Klaster Mimika.

“Di momen PON ini juga bertepatan dengan beberapa momen, tanggal 8 Oktober HUT Mimika, besok penutupan ada momen ketua umum ulang tahun,”katanya di Timika, Kamis (15/10/2021).

Cesar mengatakan, kesuksesan PON tidak terlepas dari dukungan masyarakat Mimika. “Kita bisa saksikan semua bagaimana kolaborasi Masyarakat di semua lini bisa berjalan dengan baik,” kata Caesar. ***