logo

PON XX Papua > Klasemen Medali: Jakarta Naik Peringkat, Jatim Turun, Jabar Bertahan

PON XX Papua > Klasemen Medali: Jakarta Naik Peringkat, Jatim Turun, Jabar Bertahan

Jakarta menyodok Jawa Timur ke posisi ketiga sedangkan Jawa Barat tak tergoyahkan di puncak klasemen perolehan medali PON XX/2021 Papua
14 Oktober 2021 22:36 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Kamis (14/10/2021) malam berakhir sudah perburuan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021. Hasilnya, Jawa Barat tetap mempertahankan gelar juara umum.  Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sukses naik peringkat ke posisi kedua menggeser Jawa Timur turun ke urutan tiga.

Jabar tetap nomor satu seperti yang dicetak pada PON XIX Tahun 2016 saat menjadi tuan rumah. Jakarta yang saat itu tergusur ke urutan tiga kini menapak ke posisi kedua. Bertukar kedudukan dengan Jatim yang tahun 2016 menjadi runner-up.

Jakarta yang seharui sebelumnya teringgal enam emas mampu menyalip untuk menyamakan raihan emas dengan Jatim.

Jakarta mampu menyabet 11 emas. Sedangkan Jatim hanya lima emas.

Dengan demikian Jatim mampu menyamai raihan Jatim sebanyak 110 emas. Namun Jakarta unggul perak dan perunggu sehingga mampu menggeser Jatim ke urutan tiga.

Jakarta memastikan berada diurutan dua setelah secara total mengumpulkan 110 emas, 91 perak dan 100 perunggu. Jatim mendapat 89 perak dan 88 perunggu.

Sedangkan Jabar tetap di posisi teratas sekaligus mempertahankan gelar juara umum dengan 133 emas, 105 perak dan 116 perunggu. Jabar tetap Kahiji.

Emas penyelamat Jakarta di detik-detik akhir perburuan medali PON XX itu datang dari biliar (3 emas), renang (2), karate, loncat indah, rugby, atletik, bola basket 3x3 putra, dan bola tangan putri. Sedangkan Jatim hanya menambah lima emas. Jabar mendulang tujuh emas.

Tambahan medali emas untuk Jawa Barat yang semakin memperkokoh posisi di puncak, di antaranya diraih melalui cabang karate nomor kata beregu putri, angkat berat, renang, atletik, loncat indah dan angkat berat.

Bagi Jawa Barat, sukses menjadi juara umum merupakan yang kelima dan yang terakhir ketika menjadi tuan rumah 2016. Rekor kemenangan terbanyak masih dipegang oleh DKI Jakarta, yaitu 11 kali dan terakhir pada 2012 di Riau.

Sementara Jawa Timur baru dua kali menjadi juara umum, yaitu pada 2000 ketika menjadi tuan rumah dan pada 2008 di Kalimantan Timur.

Sepanjang sejarah PON, hanya empat daerah yang mendominasi juara, yaitu DKI, Jabar, Jabar dan Jateng. Jateng tampil sebagai juara pada penyelenggaraan PON pertama pada 1948 saat masih diwakili oleh Keresidenan Surakarta. ***