logo

Marciano Norman: Perimbangan Kekuatan Merata

Marciano Norman: Perimbangan Kekuatan Merata

Foto: Markon Piliang
13 Oktober 2021 21:08 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menilai, peta kekuatan olahraga di Tanah Air mulai merata pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua. Meskipun kekuatan tiga besar olahraga nasional yang dipegang Jawa Barat, Jawa Timur dan Derah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta belum tergeser namun seluruh daerah sudah mampu meraih medali pada pesta olahraga akbar nasional empat tahunan yang digelar di Bumi Cendrawasih ini.

“Kini muncul Papua sebagai kekuatan empat besar. Seluruh peserta PON dari 34 provinsi sudah mendapat medali. Memang ada empat daerah yang belum mendapatkan emas,” ujar mantan Kepala BIN itu.

Keempat daerah yang belum mendapat emas sampai Selasa (12/10/2021) itu Papua Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara dan Sulawesi Barat. Ini merupakan daerah-daerah yang terhitung muka baru dalam persaingan olahraga nasional. Namun keempatnya sudah mampu merebut medali sehingga menunjukkan di daerah-daerah pembinaan tetap berjalan meskipun belum maksimal.

Dilihat dari persaingan pada kasta teratas olahraga nasional, baik Jabar, Jatim maupun Jakarta tidak mengalami kegagalan karena posisi ketiganya sama dengan apa yang diraih pada PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat. Berarti selama ini ketiga daerah tetap melakukan pembinaan yang sesuai jalur masing-masing. Pembinaan dengan program meskipun ada tangan tambahan dengan munculnya pandemi virus corona (Covid-19).

“Jawa Barat luar biasa karena bisa mendominasi beberapa cabang olaharaga banyak medali seperti dayung, renang, silat dan bahkan atletik. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di daerahnya dengan maksimal. Jatim dan Jakarta juga mampu mengimbangi,” katanya.

Sedangkan Papua sebagai tuan rumah mampu berbuat maksimal mengangkat prestasi para atletnya. Papua juga mempertahankan cabor-cabor andalan sesuai dengan potensi di daerah ini. Seperti sepakbola yang berhasil lolos ke final dan akan menghadapi Aceh untuk memperebutkan emas.

Sudah 576 medali emas yang terbagikan ke berbagai daerah  dengan hiasan 60 rekor pada PON Papua yang akan berakhir dua hari lagi. Ini membuktikan Bumi Cendrawasih yang semula sempat diragukan untuk menjadi tuan rumah ternyata mampu menghadirkan prestasi membanggakan  di tengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

PON Papua menghasilkan peningkatan prestasi dengan pemecahan rekor PON, rekor nasional, rekor Asia bahkan rekor dunia. Ini membuktikan bahwa PON yang digelar dimasa pandemi ini masih bisa memberikan prestasi yang luar biasa. Pemecahan rekor dunia membuktikan bahwa atlet masih bisa berprestasi besar di masa pandemi seperti ini. *