logo

Suci Istuni Sumbang Medali Emas Kedelapan Bagi POSSI DKI

Suci Istuni Sumbang Medali Emas Kedelapan Bagi POSSI DKI

Suci Istuni (berpakain selam) merebut emas selam OBA. (Foto: Istimewa).
13 Oktober 2021 14:12 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Atlet selam Orientasi Bawah Air (OBA) DKI Jakarta Suci Istuni meraih emas untuk nomor M Course putri pada lomba yang berlangsung di Teluk Yos Sudarso, Jayapura, Rabu (13/10/2021).

Suci yang merupakan pendatang baru di POSSI DKI Jakarta, sejak terpilih menjadi andalan DKI Jakarta dua tahun lalu, berlatih keras menjelang babak kwalifikasi di Situbondo, Jawa Timur, pada 2019 lalu.

Kerja keras itu dilakukan mengingat lawan yang bakal dihadapi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua dianggap berat.

"Lawan-lawan saya lebih senior dan berpengalan," ujarnya usai lomba.

Apa yang disampaikan Suci adalah fakta di lapangan. Salah satunya adalah atlet putri asal Jawa Barat. Dia pemegang medali emas pada PON XIX/2016 Jawa Barat.

Namun pada lomba di Jayapura, Papua, atlet Jawa Barat ini terpaksa diangkat ke permukaan setelah melampaui batas waktu yang ditetapkan panitia.

Menurut rekan Suci di Tim Selam OBA DKI Jakarta, Rokhandi Yusuf, saingan berat Suci pada lomba ini berasal dari Papua Barat. "Tapi atlet Papua Barat  melebihi waktu, sehingga gagal meraih angka," tuturnya.

Sementara itu, data di meja panitia menunjukkan Suci adalah satu-satunya atlet terbaik. "Hanya atlet putri DKI Jakarta yang masuk," tegasnya sembari memperlihatkan catatan yang dipegang.

Perolehan emas yang disumbangkan Suci siang ini menambah pundi-pundi emas POSSI DKI Jakarta menjadi delapan emas. Sehari sebelumnya, POSSI DKI Jakarta meraup tujuh emas yang diperoleh dari kolam dan finswimming 6.000 meter putra.

Peluang POSSI DKI Jakarta menambah emas masih terbuka. Suci dan Rokhandi akan turun di nomor Five Points di Teluk Yos Sudarso, Kamis (14//10/2021).