logo

Vaksinasi Keluarga Lebih Efektif Membantu Percepatan Vaksinasi Nasional

Vaksinasi Keluarga Lebih Efektif Membantu Percepatan Vaksinasi Nasional

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Eni Gustina.(foto,ist)
02 Oktober 2021 16:22 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Vaksinasi keluarga lebih efektif membantu percepatan vaksinasi nasional, karena pendekatan melalui kartu keluarga (KK). Sehingga, lebih memudahkan bidan (vaksinator), saat memasukkan data peserta vaksinasi ke aplikasi P-Care.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Eni Gustina, di sela acara pelantikan Drs Teguh Sukaryo sebagai Deputi Adpin dan Drs Nopian Andusti sebagai Deputi KSPK BKKBN, di Auditorium BKKBN Jakarta, Jumat (1/10 2021).

Selain itu, vaksinasi keluarga dinilai tidak menimbulkan kerumunan. Apalagi, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu target utama pemerintah dalam upaya mengentaskan pandemi.

Langkah cepat mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) sangat dikedepankan. Untuk itu, pemerintah memberikan wewenang pada bidan, untuk bisa memberikan suntikan vaksin Covid-19 ke masyarakat berbasis keluarga.

Dengan memberikan wewenang bidan menjadi vaksinator Covid-19, diharapkan makin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin, terutama ibu dan anak-anak. "Terlebih, di desa-desa peran bidan cukup penting di tengah masyarakat," ujar Eni.

Sebelumnya, usai melakukan pelantikan, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyatakan, bidan dilibatkan dalam program vaksinasi, alasannya cukup jelas.

"Jumlah bidan yang cukup besar, ada di desa-desa, dan dekat dengan masyarakat," ujarnya.

Dikemukakannya, program vaksinasi keluarga diyakini akan lebih efektif membantu percepatan vaksinasi nasional serta memudahkan masyarakat yang ingin divaksin tanpa antre. Tim bidan pun dapat menjemput bola.***