logo

Kirap Api PON XX Papua 2021 Dilepas Dari Kabupaten Sorong

Kirap Api PON XX Papua 2021 Dilepas Dari Kabupaten Sorong

Foto:skid: (Yacob Nauly)
27 September 2021 07:20 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS-SORONG: Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, M Si., Senin (27/9/2021), pagi memimpin acara pelepasan Kirap Api PON XX di halaman kantor bupati setempat.

Bupati Kamuru, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah karena api PON XX ini diambil dari PLTMG Pertamina EP Klamono Sorong.

" Ini peristiwa bersejarah dan terlebih bahwa Api PON XX ini diterima baik oleh warga pemilik adat di Klamono," kata Bupati Kamuru.

Ia, menyampaikan selamat jalan Api PON XX hingga pembukaan pada tanggal 2 Oktober 2021.

Sementara Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH., MS.i, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua Lukas Enembe. Karena, telah mempercayakan Klamono Papua Barat sebagai sumber Api PON XX Papua.

Ia, juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Klamono Sorong, karena telah.mendukung program PON XX.

Yaitu, dengan mengizinkan Api PON XX diambil dari daerahnya di Klamono.

Gubernur Papua7, Lukas Enembe, melalui Assisten II Sekda Provinsi Papua, Dr. Muhammad Muzaad, M.Si, mengatakan, Api PON XX diambil dari Pertamina Klamono karena memiliki sejarah.

"Ini mengandung makna, bahwa Klamono ini sebagai penghasil Migas pertama di tanah Papua," katanya.

Ia meminta partisipasi masyarakat Papua dan Papua Barat untuk mendukung terselenggaranya PON XX di Papua.

Project Manager Kirap Api PON XX Papua, Hany, menjelaskan, perjalanan kirab Api PON XX Papua. Diawali, dari kabupaten Sorong diarak menuju kota Sorong, langsung ke Bandara DEO Sorong.

Dari Bandara DEO Kirap Api PON XX menuju Kota Biak. Setelah beberapa saat Kirap Api PON XX ini langsung ke Timika terus ke Kota Wamena, Jayawijaya.

Kemudian perjalanan Api PON ini langsung ke Marauke. Beberapa saat langsung menuju Kota dan Kabupaten Jayapura.

Nanti pada tanggal 2 Oktober 2021 saat upacara Pembukaan PON XX api ini akan menyalahkan Kalderon di Stadion Utama Lukas Enembe Jayapura.

Hadir Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambertus Jitmau MM. Dan, Ketua DPRD Kota Sorong juga TNI/Polri dan undangan lainnya. ***