logo

Lolos Sertifikasi 37001:2016, BPP Lampung Wujudkan Instansi Bebas Dari Suap

Lolos Sertifikasi 37001:2016, BPP Lampung Wujudkan Instansi Bebas Dari Suap

25 September 2021 23:05 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BANDAR LAMPUNG - Hasil membanggakan diraih Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung. Satuan Kerja di lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian ini, dinyatakan berintegritas. Hal tersebut dibuktikan diraihnya Sertifikat ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan oleh BPP Lampung.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan apresiasi terhadap kesuksesan tersebut.

"Kementerian Pertanian, dan seluruh UPT lingkup Kementan, harus bebas dari KKN, dari suap dan lainnya. Kita harus menjadi lembaga yang bersih," tuturnya.
 
Sertifikat ISO 37001:2016 untuk BPP Lampung diserahkan langsung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, kepada Kepala BPP Lampung, Abdul Roni Angkat, di Hotel Santika Garut pada Sabtu, (25/09/2021). 

Penyerahan sertifikat oleh Kepala BPPSDMP ini disaksikan oleh Sekretaris BPPSDMP, Siti Munifah dan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Leli Nuryati.

"Sertifikat ISO 37001:2016 merupakan legalitas suatu lembaga atau organisasi yang telah dinyatakan lolos dan telah memenuhi standar manajemen pencegahan terhadap korupsi dan penyuapan," tutur Dedi Nursyamsi. 

Sertifikasi ISO dirancang untuk membantu organisasi dalam menerapkan sistem manajemen anti korupsi dan suap. 

Standar ini juga membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani korupsi dan suap serta memberikan bimbingan yang berkaitan dengan pelaksanaan standar ini.

Untuk mewujudkan suatu instansi pemerintah yang transparan dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, maka sertifikasi ISO 37001:2016 merupakan suatu kebutuhan. 

"Pimpinan instansi harus berkomitmen untuk menjadikan instansinya menjadi instansi yang bebas korupsi dan bersih melayani masyarakat secara berkesinambungan," ujar Dedi lagi.

Kepala BPP Lampung, Abdul Roni Angkat, sangat bahagia menerima penyerahan sertifikat ISO 37001. Sambil menunjukkan sertifikat ini, Abdul Roni menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang telah diterima BPP Lampung selama masa kepemimpinannya.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada seluruh pegawai BPP Lampung yang telah bekerja dengan baik sehingga kita layak untuk menerima sertifikat ini.” Demikian ucap Abdul Roni Angkat dengan sukacita.

Kebahagiaan itu bertambah dengan diumumkannya BPP Lampung sebagai satuan kerja dengan realisasi anggaran tertinggi, yang berada di posisi kedua dari 30 instansi di Lingkup BPPSDMP per 23 September 2021.***

Editor : Markon Piliang