logo

Praktisi: Jadikan Sosmed Layaknya Rumah Sehingga Data Pribadi Terjaga

Praktisi: Jadikan Sosmed Layaknya Rumah Sehingga Data Pribadi Terjaga

Foto: Istimewa.
25 September 2021 18:20 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Keamanan dan Perlindungan Data Pribadi di Media Sosial”, Sabtu (25/9/2021).

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yaitu Dede Indra Permana, SH yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI,  Semuel Afriyani Pangerapan, B.Sc (Direktur Jendral Aptika Kominfo RI) atau akrab dipanggil Semmy, serta  Damas A Firmasyah, S.Kom (Founder startup & CEO Perusahaan IT Solution).

Seminar yang digelar melalui platform zoom meeting ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap data pribadi mereka.

Pembicara pertama Dede menyampaikan bahwa “Kemajuan teknologi menjadi dampak yang baik di tengah pandemi salah satu nya dengan webinar seperti ini. Akan tetapi hal negatifnya adalah semakin maraknya hoaks, hate speech, kebocoran data pribadi”.

Sesangkan Semmy menjelaskan bahwa “Di masa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia”. Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal.

Kemudian Founder startup & CEO Perusahaan IT Solution, Damas A Firmasyah, S.Kom menjelaskan bahwa “Sosial media layaknya rumah sehingga data pribadi merupakan harus dijaga sebaik mungkin”.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH