logo

Penyidik KPK Masih Mencari Operator Suap Kerja Sama Azis Syamsuddin

Penyidik KPK Masih Mencari Operator Suap Kerja Sama Azis Syamsuddin

Ketua KPK Firli Bahuri
25 September 2021 17:23 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Penyidik KPK terus mengintensifkan, mendalami dan mengembangkan kasus dugaan suap yang melibatkan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Selain untuk memastikan secara meyakinkan keterlibatan Azis Syamsuddin sendiri, juga untuk menyelidiki  peran eks Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado.

Lelaki ini disebut-sebut  sebagai operator dari Wakil Ketua DPR RI dari Partai Golkar Azis Syamsuddin. Menanggapi hal ini, Ketua KPK Firli Bahuri, mengatakan, pihaknya tidak ingin terburu-buru menetapkan seseorang sebagai tersangka sebelum didapati bukti-bukti permulaan yang cukup, akurat dan meyakinkan.

"Untuk menentukan status seseorang apakah saksi atau tersangka harus berawal dari keterangan saksi dan bukti-bukti yang kuat. Bila perlu didukung atau dikuatkan lagi fakta-fakta persidangan," tutur Firli Bahuri, Sabtu (25/9/2021).

Firli menyebutkan saksi dalah orang yang mengetahui, mengalami atau melihat sendiri. Sementara tersangka adalah seseorang yang karena perbuatannya atau keadaanya berdasarkan bukti permulaan yang cukup, patut diduga sebagai pelaku tindak pidana korupsi tersebut.
Namun begitu, Firli menyatakan bahwa pihaknya akan tetap melakukan penelusuran terkait Aliza Gunado dalam kasus yang menjerat Azis Syamsuddin.

"Kalau ditemukan keterangan dan bukti-bukti yang bisa membuat terang suatu perkara, kita menemukan tersangka lain, ya kita jadikan tersangka juga. Tidak ada tebang pilih. Setiap yang terlibat diproses hukum,” ujarnya.

Aziz  Syamsuddin dan Aliza Gunado disebutkan berkerjasama meminta bantuan mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju, agar kasus yang tengah disidik itu diamankan. Sebagai imbalan, keduanya memberikan uang kepada Robin.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH