logo

Perkenalan Kadin Indonesian Di Kamboja Sekaligus Sosialisasi TEI-DE 2021

Perkenalan Kadin Indonesian Di Kamboja Sekaligus Sosialisasi TEI-DE 2021

Duta Besar RI, Sudirman Haseng memberikan sambutan pembuka Business Working Dinner Indocham pada 23 September 2021 di Provinsi Kandal, Kamboja
25 September 2021 17:20 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - PHNOM PENH: KBRI Phnom Penh menyelenggarakan kegiatan Business Working Dinner Indocham pada 23 September 2021 di Provinsi Kandal. Kegiatan ini merupakan fasilitasi perkenalan Indonesian Chamber of Commerce in Cambodia (IndoCham) yang juga dimanfaatkan untuk diseminasi kegiatan Trade Expo Indonesia-Digital Edition pada 21 Oktober – 4 November 2021.

Selain para pengusaha Indonesia yang tergabung dalam IndoCham, hadir secara langsung di lokasi adalah Ketua dan anggota Cambodian Chamber of Commerce (CCC), Wakil Kemdag Kamboja, pengusaha Kamboja, serta dari media setempat.

Sementara itu, hadir secara daring adalah Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kemdag RI, perwakilan Kadin RI, serta perwakilan Kemlu RI.

“Kegiatan kita sore hari ini adalah salah satu upaya KBRI untuk mempromosikan Trade Expo Indonesia – Digital Edition (TEI-DE) yang akan berlangsung pada 21 Oktober – 4 November 2021. Semoga tahun depan situasinya membaik sehingga bisa langsung mengunjungi Indonesia untuk dapat melihat potensi yang dimiliki dan menjalin networking lebih jauh dan lebih kuat,” kata Duta Besar RI, Sudirman Haseng, pada sambutan pembuka.

“Terkait networking, kegiatan ini juga merupakan perkenalan Kamar Dagang Indonesia di Kamboja. Semoga adanya Kadin Indonesia di Kamboja semakin memperkuat kerja sama business-to-business Indonesia dan Kamboja.”

KBRI Phnom Penh dalam rilisnya mengabarkan, menurut Ketua IndoCham, kamar dagang Indonesia yang baru ini terbentuk berasaskan Bhinneka Tunggal Ika, di mana komunitas bisnis Indonesia secara cepat mendukung pembentukannya.

Selain itu, IndoCham juga berprinsip inklusif di mana tidak hanya bergerak di bidang bisnis, namun juga mengenalkan sosio-budaya serta nilai-nilai positif Indonesia di mata Kamboja. 

Turut juga memberikan sambutan pada acara tersebut adalah Direktur Jenderal Cambodian Chamber of Commerce (CCC), Okhna Nguon Mentech.

Otoritas tertinggi kamar dagang Kamboja ini menyampaikan selamat atas terbentuknya IndoCham yang merupakan langkah penting dalam meningkatkan hubungan business-to-business.

Lebih lanjut lagi, Dirjen CCC mengatakan bahwa kedua kamar dagang dapat bekerja sama dengan membuat acara bisnis dan investasi.

Pada kesempatan yang sama, wakil dari Kementerian Perdagangan Kamboja juga menyampaikan bahwa selama ini untuk mendukung perekonomian, Kamboja juga telah mempermudah perdagangan melalui penyederhanaan prosedur perdagangan dan penetapan UU Kompetisi dan UU Perlindungan Konsumen.

Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan RI secara virtual memberikan diseminasi terkait penyelenggaran TEI-DE 2021 dengan tema “Reviving Global Trade”.

Kegiatan ini merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia dan saat ini dikarenakan pandemi yang masih berlangsung merupakan pameran kedua yang dilakukan secara daring.

Hal teknis terkait pendaftaran disampaikan oleh Project Manager PT Debindomulti Adhiswasti selaku event organizer.

Kegiatan Business Working Dinner IndoCham ini dimeriahkan oleh Tari Yapong yang dibawakan oleh Pusbudi Nusantara.

Pada akhir acara, Dubes RI juga menyampaikan cinderamata kepada para peserta berupa produk F&B asal Indonesia. ***