logo

Pakar: Maraknya Hoax Dan Kebocoran Data Pribadi Merupakan Dampak Kemajuan Teknologi

Pakar: Maraknya Hoax Dan Kebocoran Data Pribadi Merupakan Dampak Kemajuan Teknologi

Foto: Istimewa.
25 September 2021 11:33 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  menyelenggarakan seminar online dengan tema “Peningkatan Keamanan Siber demi Perlindungan Data Pribadi di Era Digital”. Terdapat tiga pembicara yaitu Dede Indra Permana, SH yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI,   Nindhitya Nurmalitasari, S.IP (Analis Kerjasama Subdirektorat Tata Kelola Perlindungan Data Pribadi) serta  Nur Imanullah, S.Kom (Kepala Departemen Aplikasi PT DES Teknologi Informasi).

Seminar merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar menggunakan platform zoom meeting, Jumat (24/9/2021). Tujuannya salah satunya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap data pribadi mereka.

Pembicara Dede menyampaikan bahwa “Kemajuan teknologi menjadi dampak yang baik di tengah pandemi salah satu nya dengan webinar seperti ini. Akan tetapi hal negatifnya adalah semakin maraknya hoaks, hate speech, kebocoran data pribadi”.

Pembicara Nindhitya Nurmalitasari, S.IP menjelaskan bahwa “Kemajuan informasi di era digital ini memberikan tantangan bagi perlindungan data pribadi dikarenakan terjadinya kasus pelanggaran data pribadi, kebocoran data pribadi, penyalahgunaan data pribadi dan lain-lain. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan keamanan dalam melindungi data pribadi masyarakat”

Kepala Departemen Aplikasi PT DES Teknologi Informasi, Nur Imanullah, S.Kom menjelaskan bahwa “Data pribadi sangat penting untuk dijaga keamanannya, karena sesungguhnya data pribadi layaknya harta kita yang harus dijaga”.***

 

Editor : Gungde Ariwangsa SH