logo

Telkom Pastikan Kesiapan Jaringan Dan Layanan Telekomunikasi Selama PON XX

Telkom Pastikan Kesiapan Jaringan Dan Layanan Telekomunikasi Selama PON XX

24 September 2021 11:08 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Telkom Indonesia akan mengerahkan 1.000 personalnya untuk
memastikan seluruh infrastruktur dan layanan berfungsi optimal selama pergelaran PON XX Papua 2021. Selain memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, tim juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable

Menurut Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, PON XX Papua 2021 merupakan momen yang istimewa dan berbeda dibanding pergelaran PON sebelumnya. "Selain dilaksanakan di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, PON tahun ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di ufuk timur Indonesia," ujarnya, Jumat (24/9/2021).

Papua nantinya, kata dia, akan dikenal tidak hanya karena keindahan alam dan ragam budaya, tapi juga keberhasilannya dalam menyukseskan event PON. Telkom siap menghadirkan infrastruktur kelas dunia, seperti yang pernah dilakukan Telkom pada event besar nasional dan internasional sebelumnya.

Kepastian itu tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) antara SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza dengan Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah di Media Center PON XX di Gedung Sasana Krida Provinsi Papua. 

TelkomGroup nantinya mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX melalui penyediaan Digital Connectivity, Digital Platform, & Digital Service di area pertandingan (venue), hotel dan akomodasi, bandara, media center, dan security. 

Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. Ratusan perangkat IndiHome ini disediakan Telkom pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding. 

Secara umum, layanan yang diberikan berupa internet dengan total bandwidth lebih dari 11,5 Gbps. Untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya acara, Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,9 persen. 

Selain itu, sebanyak 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021, ruang publik, dan bisa diakses masyarakat secara gratis. Telkom juga menyediakan 2 Satelite News Gathering dan 4 media center, yakni 1 main media center di Kota Jayapura serta 3 mini media center di Japaura,  Mimika, dan Merauke.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate berterima kasih kepada Telkom yang membangun rute-rute baru untuk mengantisipasi putusnya kabel laut sehingga akses komunikasi dan internet di Papua berjalan lancar. "Kami berharap PON ini mampu menjadi etalase yang baik. Etalase Papua dan Indonesia untuk masyarakat dunia," ujarnya.

Selama perhelatan PON XX 2021 Papua, Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia juga akan menghadirkan Telkomsel 5G Experience Center yang berlokasi di Stadion Lukas Enembe.  Para pengunjung, terutama masyarakat Papua untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case yang dilengkapi dengan teknologi 5G.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto