logo

Giliran Di Aglomerasi, Warga Nuri Sambut Antusias Vaksinasi Merdeka

Giliran Di Aglomerasi, Warga Nuri Sambut Antusias Vaksinasi Merdeka

Gerai Vaksinasi Merdeka di Balai Warga RW 014 Kelurahan Pondok Ranji Ciputat Timur Tangsel. (Foto: Suarakarya.id/Sadono)
24 September 2021 09:50 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - TANGSEL: Vaksinasi Merdeka di Kecamatan Ciputat Timur Tangsel, disambut antusias warga. Banyak warga yang belum divaksin memanfaatkan moment berharga ini.

Seperti yang terjadi di RW 014 Kelurahan Pondok Ranji Ciputat Timur (Gerai 749). Puluhan orang setiap hari memenuhi Vaksinasi Merdeka di Balai Warga setempat.

"Pada hari pertama, diikuti 82 orang, terdiri dari 56 Vaksin 1 dan  26 vaksin 2," kata Hendra Hartanto, ketua RW 014 kepada Suarakarya.id, Jumat (24/9/2021).

Vaksinasi Merdeka yang diinisiasi Polres Tangsel bekerja sama dengan Puskesmas dan relawan, dibuka pukul 08.00 WIB hingga 13.00. WIB. Kuota untuk satu hari 100 orang. "Ada juga warga yang datang di luar kelurahan di sini, tetap kita layani," ujar Hendra.

Kegiatan Vaksinasi Merdeka dimaksudkan  agar percepatan vaksinasi dapat tercapai hingga terwujudnya kekebalan massal di masyarakat. 

Vaksinasi Merdeka wilayah aglomerasi (Tangerang, Tangsel, Depok, Bekasi)  diadakan pada tanggal 22 September-1 Oktober 2021. Jenis vaksin yang digunakan Atra Zeneca dan Sinovac.

Sebagaimana diberitakan, vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Seperti dikutip dari situs corona.jakarta.go.id Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh sehingga seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto