logo

Polresta Solo Kerahkan  350 Personel, Amankan Kompetisi Liga 2 

Polresta Solo Kerahkan  350 Personel, Amankan Kompetisi Liga 2 

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak
23 September 2021 21:40 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sebanyak 350 personel dari Polresta Solo, dikerahkan untuk mengamankan jalannya kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Pengamanan tidak hanya difokuskan di dalam lapangan tetapi juga di luar stadion, meskipun dalam kompetisi tersebut tidak ada penonton.

"Kami siapkan 350 personel , 15 personel akan ditempatkan didalam stadion. Kemudian 35 personel akan kita lapis dua di area jogging track di Stadion Manahan,” jelas Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, di Balai Kota Solo, Kamis (23/9/2021).

Selain itu juga 100 personel gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP yang  akan memback-up pengamanan di stadion selama kompetisi berlangsung. Serta 150 personel yang ditugaskan sebagai pasukan pengurai atau tim pengurai keamanan (TPK). 

Ratusan personil gabungan Polri, TNI dan Satpol PP tersebut sekaligus untuk pengamanan enam tim yang tergabung dalam Grup C.  Kapolresta juga mengatakan selain pengamanan di stadion maupun luar stadion, untuk mengantisipasi masuknya suporter dari luar kota, pihaknya juga melakukan  penyekatan di sejumlah titik perbatasan. 

"Untuk mengantisipasi kegiatan berpotensi penyebaran Covid- 19 maka melarang nonton bareng, tidak boleh arak -arakan. Suporter menonton di rumah," ujarnya.

Pihaknya juga telah memanggil koordinator suporter Pasoepati agar tidak mengerahkan massa ke stadion. Kapolresta menegaskan kompetisi Liga 2 di stadion ini digelar tanpa penonton.

"Saya berharap kerjasama dari semua pihak untuk tidak mengerahkan massa atau melakukan konvoi selama gelaran kompetisi Liga 2 berlangsung," katanya.

Kompetisi Liga 2 akan dimulai 26 September 2021 mendatang hingga 27 Oktober. Dalam putaran pertama Persis Solo yang menjadi tuan rumah akan bergabung dengan PSG Pati, PSCS Cilacap, Persijap Jepara dan PSIM Yogyakarta.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa juga meminta kepada Polresta Solo untuk mengamankan terminal dan stasiun.

"Karena suporter dimanapun pasti akan menggunakan segala cara untuk bisa menonton pertandingan tim kesayangannya," pungkasnya. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto