logo

Jelang Milad Perdana, Partai UKM Nyatakan Siap Benahi 4 Masalah Indonesia

Jelang Milad Perdana, Partai UKM Nyatakan Siap Benahi 4 Masalah Indonesia

23 September 2021 17:28 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Jelang satu tahun umur Partai UKM, Ketua Umumnya, H. Bustan Pinrang kembali menegaskan bahwa partainya tetap memiliki tujuan untuk membangun kemandirian masyarakat dalam semua bidang. Hal ini merupakan upaya untuk menjadikan negara Indonesia ini maju, baik secara teknologi maupun ekonomi.

H. Bustan Pinrang menyebutkan bahwa ada 4 masalah yang harus diselesaikan di Indonesia ini. Dan Partai UKM siap untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Saya pernah sampaikan ke SBY saat dia masih jadi Menkopolkam. Kalau dia nanti jadi presiden ada 4 hal yang harus dirapihkan. Yakni, isi perut, isi otak, isi dompet dan isi hati," kata Bustan saat ditemui di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Ia menjelaskan, isi perut merupakan masalah dasar kehidupam manusia, yang bahkan sering kali menjadi alasan negara ini menjadi berhutang.

"Memperbaiki isi perut artinya, memperbaiki sektor pangan dan pengelolaan sumber daya. Ini mencakup semua. Ya baik itu pertanian, hingga kelautan yang potensi pemanfaatannya belum optimal di Indonesia," urainya.

Yang kedua, isi otak adalah berkaitan dengan sistem pendidikan Indonesia yang seharusnya mampu menciptakan sumber daya manusia, yang tidak hanya cerdas tapi juga mandiri dan memiliki pola pikir jangka panjang serta berwawasan global.

"Isi dompet ini berkaitan dengan keuangan. Artinya yang harus disiapkan adalah pelaku usaha yang bisa bertransformasi menjadi pemimpin kecil. Para pemimpin kecil ini lah yang nantinya akan mandiri dan membantu masyarakat sekitarnya untuk menjadi mandiri. Mandiri secara ekonomi dan menjadi sejahtera bersama," urainya lebih lanjut.

Terkait dengan isi hati, Bustan menyatakan hal ini juga menjadi bagian dari langkah partai dalam meraih kepercayaan masyarakat.

"Di tengah ramainya kasus korupsi yang dilakukan oleh para anggota partai, kami sangat memahami kekhawatiran masyarakat. Sehingga untuk mencegahnya, Partai UKM sangat mengedepankan isi hati dari para anggotanya. Artinya, partai kami sangat fokus pada SDM yang mampu menolong orang lain dengan pola fikir maju dan kemampuan memotivasi masyarakat melalui tindakan dan perilaku nyata. Slogan saya, kurangi pendapat, tingkatkan pendapatan. Artinya, sedikit bicara, lebih banyak melakukan langkah nyata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Bustan tegas.

Untuk memasuki kancah pemilihan tahun 2024, Bustan menyatakan sudah mempersiapkan langkah-langkah. Baik dari segi legalitas maupun program kerja.

"Salah satunya adalah program bapak angkat. Dimana kami mendorong para pelaku usaha untuk menjadi bapak angkat dari para pelaku UKM. Selain untuk mentransfer ilmu, juga untuk penjaminan modal," tuturnya.

Hal ini penting, untuk mengurangi pengajuan pembiayaan kepada lembaga keuangan.

"Negara ini sudah terlilit hutang. Yang saat ini diperlukan oleh para pelaku UKM adalah menyambung hidup. Bukan untuk kaya. Sehingga yang mereka butuhkan adalah modal dan ilmu untuk memastikan kelangsungan usaha mereka," pungkasnya.***

Editor : Markon Piliang