logo

Atlet UNS Peraih Medali PON Bisa Kuliah Gratis Di UNS

Atlet UNS Peraih Medali PON Bisa Kuliah Gratis Di UNS

Pelepasan atket UNS yang akan bergabung dengan kontingen Jawa Tengah di PON Papua
22 September 2021 23:55 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Atlet dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang mendapatkan medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, akan digratiskan kuliahnya di UNS. Mulai jenjang S-1 hingga S-3.

Hal tersebut dikatakan Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho saat melepas atlet dari UNS yang akan bergabung dalam kontingen Jawa Tengah dalam PON mendatang, Rabu (22/9/2021) di Gedung Dr. Prakosa UNS.

"Bagi peraih medali emas, akan digratiskan kuliah S-1 hingga S-3. Lalu untuk medali perak, kami gratiskan kuliah S-1 sampai S-2 dan untuk perunggu, kami gratiskan kuliah S-1," jelasnya.

Pada PON XX Papua yang akan digelar pada 2-15 Oktober mendatang terdapat sembilan mahasiswa UNS yang akan berlaga membawa bendera Jawa Tengah. Mereka terdiri dari enam Cabang Olahraga (Cabor), yaitu anggar, atletik, selam, sepak bola, pencak silat, dan renang.

Dalam pelepasan atlet ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Ahmad Yunus, Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, Dr. Sapta Kunta, Manajer Pencak Silat KONI Jawa Tengah yang sekaligus Kepala Program Studi (Prodi) Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Penkepor), Dr. Haris Nugroho, dan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Akademik, Drs. Rohman Agus Pratomo.

"Selain atlet, terdapat  juga satu tenaga pertandingan, yaitu Ananda Eka Ramadhan dari S-2 Ilmu Keolahragaan dan manajer Pencak Silat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng, saya sendiri," tambah Haris.

Atas bonus yang dijanjikan Rektor UNS tersebut, pihaknya mengaku sangat senang. Karena bisa diterima dengan baik oleh sivitas akademika UNS. 

"Mohon doa dan dukungan agar kami bisa berkontribusi dan meraih medali tertinggi untuk Jawa Tengah dan UNS. Semoga banyak atlet UNS yang berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional,” katanya.

Kesembilan atlet tersebut adalah Adira Kurniawati (PJKR/FKOR) dan Yulian Muhammad Adhitama (PJKR/FKOR)  dari Cabor anggar. Kemudian, Agung Wahyudi (PJKR/FKOR) dari Cabor atletik nomor lompat jangkit. Ashifa’ Helsa Ashuroh (PJKR/FKOR) dari Cabor selam. 

Kemudian dari Cabor pencak silat terdapat tiga mahasiswa UNS, yaitu Nadia Haq Umami Nur Cahyani (Penkepor/FKOR), Zidni Rahma Amaly (Penkepor/FKOR), dan Khoirudin Mustakim (Penkepor/PJKR). Selanjutnya Sidang Iskushardianto (PJKR/FKOR) dari Cabor sepak bola dan Fauziyyah Rahma Prastista (DPS/SV). ***

Editor : Markon Piliang