logo

Mahasiswa ISI Solo Raih Juara Tiga Dalam LIDM

Mahasiswa ISI Solo Raih Juara Tiga Dalam LIDM

ISI Solo raih juara tiga dalam LIDM
21 September 2021 23:45 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Tim Scenema mahasiswa Prodi Film dan Televisi Institut Seni Indonesia (ISI) Solo meraih juara tiga Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Pusprenas Kemdibudristek 2021.

Melalui karya berjudul “Ruang Gerak”, tim Scenema yang diketuai oleh Moch. E’prom Bahrun Najib, Arrafi Hibatullah, Sindy Nuragami, Amelia Ayu Oktaviyani dengan dosen pembimbing NRA Candra Dwi Atmaja, MSn berhasil meraih juara tiga.

"Ini merupakan prestasi tersendiri untuk kampus ISI Surakarta karena pada penyelenggaraan LIDM tahun 2020 hanya meloloskan 3 tim saja dan luar biasa ISI Surakarta meloloskan 5 tim di babak final LIDM tahun 2021. Selamat buat mahasiswa beserta para dosen pembinanya, “ kata Rektor ISI Surakarta, Dr Drs Guntur, SSn, M Hum, Selasa (21/9/2021).

Proses LIDM tahun ini masih dilaksanakan secara daring. Divisi lomba ini meliputi, Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, Inovasi Video Digital Pendidikan, Divisi Poster Digital, Inovasi Microteaching Digital. Tahapan awal dari lomba ini dimulai pada bulan Mei 2021.

Berdasarkan statistik panitia, lomba ini telah diikuti sebanyak 172 Perguruan Tinggi se-Indonesia, jumlah tim terverifikasi sebanyak 1827, dan data tim pendaftar terbanyak pada Divisi 4 Poster Digital (888) serta terbanyak kedua adalah Divisi 3 Video Digital Pendidikan (320).

ISI Solo mengirimkan sebanyak 58 tim yang didominasi dari mahasiswa prodi FTV dan DKV. Dua divisi lomba ini yang secara khusus diminati mahasiswa dari ISI Solo yaitu divisi 3 video digital pendidikan dan divisi 4 poster digital. Setelah melalui babak penyisihan yang ketat maka diumumkanlah peserta LIDM ini yang berhak menjadi Finalis LIDM 2021.

Ada 5 tim dari ISI Solo yang berhasil lolos menjadi Finalis LIDM tahun 2021. Mereka berasal dsri 3 tim divisi 3 dari prodi FTV dan 2 tim divisi 4 dari prodi DKV.

"Ini merupakan prestasi yang cukup baik dan membanggakan karena dua kali masuk babak final di divisi yang sama di tahun 2020 dan 2021, akhirnya tim LIDM ISI Surakarta dapat menyabet gelar kejuaraan," kata NRA Candra. ***

Editor : Pudja Rukmana