logo

Persiapan Capai 98%, Sirkuit Mandalika Lengkapi Pariwisata Di NTB

Persiapan Capai 98%, Sirkuit Mandalika Lengkapi Pariwisata Di NTB

20 September 2021 05:10 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - LOMBOK: Sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dijamin bakal semakin top dan lengkap. Pasalnya, pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok, yang diplot menggelar MotoGP Indonesia musim 2022, sudah hampir rampung. Persiapan untuk menggelar WorldSBK 2021 pun telah mencapai 98%.

Pembangunan sirkuit ini terus digeber Mandalika Grandprix Association (MGPA). Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa menjalani proses homologasi dari pihak Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) selaku regulator kompetisi.

Berdasarkan akun resmi Instagram Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengerjaan secara umum berjalan sangat baik, dan lintasan sirkuit sudah menjalani pengaspalan.

"Progress pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika secara keseluruhan mencapai 98 persen dengan progres pengaspalan service road yang sudah teraspal sekitar 7.860 meter dari total 8.120 meter," tulis pernyataan MGPA.

Chief Strategic and Communication MGPA, Happy Harinto, menyebut pengerjaan Sirkuit Mandalika sudah berada di jalur yang benar.

Menurutnya, sirkuit yang memiliki panjang 4,3 km tersebut siap menggelar balapan WorldSBK 2021, 12 sampai 14 November mendatang. Selain itu, Sirkuit Mandalika juga bisa menghelat MotoGP yang rencananya bergulir pada Maret 2022.

Tidak itu saja, bangunan pendukung Sirkuit Mandalika bahkan sudah berhasil diselesaikan. Seperti bangunan medical center yang dibuat secara moduler alias bisa bongkar pasang seperti trek jalan raya lain seperti Sirkuit Marina Bay, Singapura atau Baku, Azerbaijan.

"Bangunan medical center moduler dan helipad di Sirkuit Mandalika ini hanya butuh waktu kurang lebih satu bulan untuk menyelesaikannya," Happy menuturkan.

"Nantinya, semua peralatan medis di dalam medical center akan disiapkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan peralatan-peralatan tersebut wajib terstandarisasi oleh FIM," lanjutnya.

Disebutkan jika gedung Race Control terdiri dari dua lantai, yang desain atapnya terinspirasi Bale Lumbung, salah satu jenis rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok Tengah, simbol kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat suku Sasak dan juga sebagai lambang identitas dari Lombok Tengah.

Para penikmat balapan Indonesia dan dunia sebenarnya tidak perlu menunggu tahun 2022 untuk melihat langsung Sirkuit Mandalika menggelar ajang MotoGP.

Karena Sirkuit Mandalika juga sudah masuk kalender World Superbike 2021 pada 13-14 November nanti. Tentu saja syaratnya, trek wajib lolos homologasi dari FIM.

"Sejauh ini belum ada perubahan dari jadwal World Superbike di Mandalika pada 12-14 November," Happy menegaskan.

Sementara MotoGP Indonesia diperkirakan akan digelar pada Maret, setelah seisi paddock menjalani balapan di Losail, Qatar.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Yusron Hadi, menyambut antusias hadirnya Sirkuit Mandalika.

"Sirkuit ini akan membuat sektor pariwisata NTB semakin kaya. Apalagi Sirkuit Mandalika juga dibalut dengan keindahan alam dan pantai. Dengan sirkuit ini, NTB akan memiliki salah satu sport tourism terbaik di dunia, yaitu MotoGP," katanya.***