logo

Nelayan Sumenep Meninggal Mendadak Di Tengah Laut

Nelayan Sumenep Meninggal Mendadak Di Tengah Laut

Foto : Istimewa
19 September 2021 15:50 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SUMENEP: Seorang nelayan warga Dusun Lebak, Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, meninggal mendadak saat sedang mencari ikan di tengah laut. Korban Zainuddin (48) ditemukan meninggal di kursi juru mudi KM Prima Mitra, saat belasan rekannya sedang menurunkan jaring ikan.

Menurut Kapolsek Pasongsongan, AKP Suwardi, saat kejadian, korban yang menjadi juru mudi kapal itu,  berangkat melaut bersama anak, paman dan 17 nelayan lainnya. “Korban meninggal saat masih di tengah laut, tepatnya di perairan Pasongsongan, sekitar 34 mil ke utara,' ujarnya, Minggu (19/9/2021).

Kronologis kejadian bermula saat korban bersama anaknya Saedi dan pamannya Matnirun, berangkat mencari ikan di perairan Pasongsongan. Korban bersama belasan nelayan lainnya itu berangkat menggunakan KM Prima Mitra milik H Ismail.

Sekitar jam 03.00, saat kapal tiba di lokasi rumpon, dan para nelayan itu langsung menurunkan jaring. Sedangkan korban hanay duduk di bagian juru mudi kapal.

Selisih dua jam kemudian, salah seorang nelayan, Zaka yang masih keponakan korban, melihat korban memegang kemudi perahu dalam kondisi lemas, lalu pingsan. Spontan Zaka memberi tahu anak dan paman korban, untuk diberikan pertolongan.

Tapi ternyata, korban sudah keburu meninggal. Upaya penyelamatan yang sudah mereka lakukan tidak membuahkan hasil. Anak korban langsung memberi tahu kejadian itu kepada sang ibu lewat telepon. Para nelayan akhirnya sepakat membatalkan mencari ikan dan pilih pulang kembali ke daratan untuk mengantar jenazah.

Pihak polisi akan melakukan otopsi untuk memastikan penyebab kematian korban. Tapi pihak keluarga menolak. Mereka sudah pasrah dan menganggap hal itu sebagai musibah. Korban yang belakangan diketahui memiliki riwayat tekanan darah tinggi itu, akhirnya dimakamkan. ***

 

Editor : Pudja Rukmana