logo

Bidan Tidak Hanya Dituntut Keahlian, Tapi Juga Harus Mampu Berkomunikasi

 Bidan Tidak Hanya Dituntut Keahlian, Tapi Juga Harus Mampu Berkomunikasi

Capping Day STIKes MRH.(foto,ist)
19 September 2021 15:02 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: STIKes Mitra RIA Husada Jakarta menggelar acara Capping Day, pemasangan cap dan ucap janji mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan angkatan III di kampus STIKes MRH, kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Kamis (16/9/2021).

Acara dihadiri Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ketua IBI Jakarta Timur Udur Diana Pohan SST, Ketua LLDIKTI Prof Dr Agus Setyo Budi MSc, perwakilan Rumah Sakit Budi Asih, Ketua YKBRP Efin Soehada SE MSi, Dewan Penyantun Dr Srihartati P Pandi MP, Ketua dan Sekretaris Badan Penyelenggara. Acara diselenggarakan secara luring dan daring.

Pada kesempatan ini, Ketua Program Studi Kebidanan Nurulicha STT MKeb, dalam laporannya mengatakan, mahasiswa saat ini telah siap melayani masyarakat. Mahasiswa juga akan dihadapkan kepada pasien dan keluarga pasien.

Untuk itu, diharapkan para mahasiswa dapat melayani dengan sebaik-baiknya. Para dosen di lingkungannya tetap memberikan pembelajaran dengan baik, meskipun saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid 19. Dan itu dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara Ketua STIKes MRH Jakarta Dra Sri Danti Anwar MA, dalam sambutannya saat membuka acara ini mengatakan, Capping Day dilakukan sebagai langkah awal bagi mahasiswa. Untuk mengenal lapangan dan berupaya untuk menjadi bidan yang profesional.

Dia berharap, agar para mahasiswa tetap menjunjung tinggi almamater, karena menjadi bidan tidak hanya dituntut keahlian. Namun, juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan banyak orang, serta ramah dalam melayani masyarakat luas.

"Pelayanan yang diberikan terutama kepada para Ibu dan bayinya, dan percayalah kebaikan para mahasiswa ini nantinya akan dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa," ungkapnya.

Di bagian lain, Ketua YKBRP Efin Soehada SE MSi memberi ucapan selamat kepada para mahasiswa yang dikenakan Cap dan melalukan ucap janji di kampus tercinta ini. Dia juga mengharapkan agar semua melek digital, terutama kepada para mahasiswa.

Dia berharap pula mahasiswa dapat mengajak saudara atau tetangganya, untuk bisa bergabung sebagai calon mahasiswa di STIKes Mitra RIA Husada. Karena telah terbukti bahwa perguruan tinggi mampu mencetak sarjana, yang mumpuni dan bisa berkontribusi kepada bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua LLDikti wilayah III Prof Dr Agus Setyo Budi MSc turut memerikan ucapan selamat kepada STIKes MRH dan seluruh mahasiswanya, yang melakukan kegiatan Capping Day. Dia mengharapkan, agar para mahasiswa mampu memahami dan bisa melayani masyarakat dengan baik, serta bisa tampil sebagai agen perubahan.

STIKes MRH Jakarta, ujarnya, harus memiliki kepedulian yang tinggi dan mampu melayani masyarakat dengan hati. "Bidan harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal dan jadilah bidan yang profesional," tegasnya. ***

Editor : Pudja Rukmana