logo

Pengusaha Dimudahkan Dengan 10 Aplikasi Persediaan Barang

Pengusaha Dimudahkan Dengan 10 Aplikasi Persediaan Barang

17 September 2021 19:59 WIB

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sebagai seorang pengusaha, kemampuan mengatur stok barang masuk dan keluar adalah hal mendasar yang harus dimiliki. Semakin banyak jenis produk yang dijual, mengontrol stok barang secara manual menjadi semakin rumit.

Kini ada banyak aplikasi persediaan barang yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan Anda. Aplikasi stok barang memastikan setiap produk dapat terdata. Pengelolaan persediaan barang juga menjadi lebih mudah. Anda bisa melakukan pelacakan tingkat inventaris, pesanan, pengiriman, serta proses penjualan secara akurat, apalagi kini banyak aplikasi online berbasis cloud yang memungkinkan akses data secara real-time.

Hal-hal yang berhubungan dengan produksi, misalnya saja pesanan kerja dan tagihan juga bisa disajikan dengan aplikasi. Tentu pengelolaan persediaan barang menjadi jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan pengelolaan manual.

Anda tampaknya perlu tahu dan memahami beberapa aplikasi persediaan barang yang bisa dicoba untuk mengelola produk secara mudah dan nyaman:

1. Jurnal

Jurnal adalah aplikasi persediaan barang yang dikembangkan oleh perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) asal Indonesia, Mekari.

Berbeda dari beberapa aplikasi persediaan barang lainnya yang bersifat offline, Jurnal merupakan aplikasi berbasis web online. Dengan begitu data persediaan barang bisa diakses real-time dimana saja dan kapan saja.

Dilansir dari halaman situsnya di https://www.jurnal.id/id/aplikasi-stok-barang/, aplikasi ini dapat memberikan informasi terkait status dan kinerja produk. Jurnal juga menghadirkan pemberitahuan untuk stok yang kosong.

Melalui aplikasi ini, pelacakan aktivitas gudang dan stok opname produk lebih mudah dilakukan dengan beberapa tempat penyimpanan sekaligus. Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi fitur produk bundle yang memungkinkan Anda untuk membuat penawaran menarik dengan menggabungkan produk inti dan sub produk.

Anda juga bisa mengelola beberapa gudang sekaligus cukup dengan satu platform. Jumlah keseluruhan barang dan inventaris bisa dipantau dengan mudah dalam sekali klik.

2. Inventory Management

Bagi para pelaku bisnis kelas menengah atau pemula dalam dunia bisnis, Inventory Management adalah aplikasi persediaan barang yang mudah digunakan. Fitur utama yang ditawarkan adalah pencatatan stok barang. Aplikasi ini akan merekam berbagai informasi terkait kegiatan inventaris perusahaan yang Anda lakukan.

Selain mudah dipahami, keunggulan dari aplikasi ini adalah memungkinkan Anda untuk melihat riwayat transaksi secara keseluruhan. Dengan demikian, kesalahan selisih stok dari barang keluar dan masuk bisa diminimalisir. Fitur yang ditawarkan pun cukup banyak, tentunya tetap mudah digunakan oleh siapa saja.

Tak hanya mencatat persediaan barang, aplikasi ini juga dapat mengelola item produk seperti menambah dan menghapus stok penjualan. Bisa diakses menggunakan Android, penggunanya bisa dengan mudah memantau persediaan barang dimana saja. Pengelolaan stok juga menjadi lebih praktis dan efektif.

3. InFlow Inventory

Aplikasi berikutnya yang dapat dipilih untuk mengelola persediaan barang adalah inFlow Inventory. inFlow Inventory banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yang menjalankan usahanya secara online, misalnya saja online shop.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang tengah merintis bisnis karena pengoperasiannya yang mudah. inFlow Inventory juga menawarkan berbagai fitur fungsional, termasuk mengontrol stok, menerima pesanan, hingga melacak biaya. Data barang yang telah di input juga akan menjadi sebuah laporan, sehingga Anda tak perlu lagi menyusun laporan pengelolaan persediaan barang. Tentu hal ini membuat kinerja Anda lebih efektif dan efisien.

Aplikasi persediaan barang ini memungkinkan pembatasan akses berdasarkan lokasi dan mengatur hak akses untuk setiap pengguna. Telah digunakan oleh pelanggan di lebih dari 90 negara, aplikasi ini cocok untuk mengelola beragam bisnis, mulai dari produsen, distributor, grosir, pengecer, produsen hingga penjual online.

4. Smart Inventory System

Sesuai dengan namanya, Smart Inventory System adalah aplikasi persediaan barang yang didukung teknologi canggih dan menawarkan berbagai keunggulan. Aplikasi ini berfokus dalam meminimalisir penumpukan inventaris, sehingga Anda tidak perlu melakukan pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

Selain memeriksa stok barang, Anda juga bisa melakukan perubahan jumlah barang dengan cepat. Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur berbasis sistem barcode. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat item dan mencetak tag harga barang untuk kemudian dijadikan barcode. Sistem barcode juga memberikan kemudahan dalam pencarian produk. 

Smart Inventory System mampu mencegah terjadinya oversupply, karena telah dilengkapi daftar fitur produk favorit yang memudahkan pemantauan kinerja produk. Dengan demikian, pengelolaan stok barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

5. Easy Catalogue

Meski aplikasi persediaan barang berbasis online kini lebih banyak diminati, nyatanya sebagian orang masih menyukai aplikasi berbasis offline. Bagi Anda yang tengah mencari aplikasi stok barang yang bisa dioperasikan tanpa koneksi internet, Easy Catalogue adalah salah satunya.

Seperti namanya, aplikasi ini menawarkan kemudahan penggunaannya. Tak jauh beda dari aplikasi pengelola persediaan barang lainnya, Easy Catalogue juga berfungsi untuk mengatur persediaan barang dari penjualan dan juga pembelian. Detail atau deskripsi produk juga bisa ditambahkan pada barang yang telah diinput. Sehingga, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi produk dalam persediaan.

Meski tidak perlu dihubungkan dengan jaringan internet, Anda tetap bisa mengakses semua fitur yang tersedia dalam aplikasi kapan saja dan dimana saja. Selain menghemat data, aplikasi ini juga tak kalah mudah dan praktis untuk diakses. Easy Catalogue sangat cocok untuk pemilik bisnis skala kecil karena kemudahan pengoperasiannya.

6. Household Register

Aplikasi persediaan barang berikutnya yang masuk dalam daftar adalah Household Register. Sama seperti aplikasi lainnya, Household Register berguna untuk mengelola stok barang yang dijual. Pengoperasiannya pun bisa dibilang cukup sederhana, sehingga mudah dipahami oleh para pemula.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur kategori, sehingga Anda bisa mengkategorikan setiap barang. Anda juga bisa menggabungkan barang sesuai dengan jenisnya. Input inventaris juga dilakukan berdasarkan lokasi dan pemilik, sehingga lebih mudah dalam mencarinya. Household Register juga memungkinkan Anda untuk menandai setiap produk. Sehingga, Anda bisa dengan mudah mencarinya dengan fitur track item berdasarkan kategori, lokasi, nomor serial, dan informasi lain yang terkait dengan produk.

Data yang tersedia dapat dikonversikan menjadi dokumen dalam format lain untuk keperluan laporan.

7. Fishbowl

Apakah Anda merupakan pelaku bisnis di bidang makanan? Jika ya, Fishbowl akan sangat membantu sebagai aplikasi persediaan barang yang cocok untuk digunakan dalam bidang tersebut. Hal ini dikarenakan fitur riset produk yang melengkapinya.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai produk mana yang paling disukai pelanggan dan mana yang kurang disukai. Selain untuk usaha di bidang makanan, aplikasi ini juga tetap bisa digunakan untuk bidang lain.

Fishbowl menyediakan berbagai fitur dasar dalam pengelolaan persediaan barang, seperti mendata barang, mencatat arus barang masuk dan keluar, serta mereset barang. Tentu fitur-fitur tersebut sangat berguna dalam memantau stok produk. Keberadan fitur riset memudahkan Anda dalam mengetahui kinerja produk di pasar. Anda bisa memperoleh data produk yang lebih laku dan tidak laku dari seluruh item yang tersedia dalam bisnis.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyusun strategi pemasaran dan memutuskan keberlangsungan produk tertentu.

8. Mobile Inventory

Bagi Anda yang menyukai aplikasi persediaan barang yang praktis dan bisa diakses menggunakan ponsel, Mobile Inventory adalah salah satunya. Aplikasi ini cocok digunakan untuk para pelaku usaha skala kecil dan menengah karena pengoperasiannya yang mudah.

Tampilannya juga sederhana, sehingga mudah dipahami oleh siapa saja. Meski terbilang sederhana, Mobile Inventory menghadirkan fitur yang lengkap bagi pelaku bisnis untuk mengelola stok produknya.

Menawarkan kemudahan pemantauan persediaan barang, aplikasi ini juga dilengkapi dengan filter item berdasarkan kategori. Sehingga, Anda bisa menghemat waktu pencarian barang tertentu. Fitur unggulan lain yang melengkapi Mobile Inventory, antara lain manajemen bursa, manajemen lokasi, manajemen saham, dan mengambil persediaan.

Riwayat transaksi juga bisa diakses melalui aplikasi ini. Aplikasi ini juga telah dilengkapi Mobile Inventory, merupakan aplikasi stok barang yang bisa digunakan baik untuk pelaku usaha kecil hingga menengah. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini tergolong lengkap dan memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga bisa digunakan dengan mudah, sistem scan barcode, konversi file excel, serta dukungan NFC yang berbayar.

9. Vladovsoft Sklad

Vladovsoft Sklad adalah aplikasi persediaan barang yang cocok digunakan bagi para perintis bisnis. Aplikasi ini bisa digunakan menggunakan PC dan mudah dioperasikan. Fiturnya yang lengkap dan rinci membuat aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jenis dan stok produk dalam jumlah besar.

Fitur yang disediakan mencakup pencatatan rincian barang, seperti jumlah dan lokasi yang ditata dengan rapi menggunakan tabel. Anda juga bisa mencatat penjualan yang masuk dan keluar dengan aplikasi ini. Pengelolaan stok barang sekaligus pelaporannya pun menjadi lebih mudah dan praktis.

Aplikasi ini memudahkan Anda dalam mengecek persediaan barang dan mengelola toko. Tak hanya itu, Vladovsoft Sklad juga memberikan tabel dengan mudah serta catatan penjualan yang rinci. Kemudahan pengoperasiannya juga membuat aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja, terutama bagi pebisnis skala kecil dengan tenaga yang terbatas.

10. Bhansali Inventory

Bhansali Inventory adalah aplikasi persediaan barang terakhir yang masuk dalam daftar. Aplikasi ini cocok digunakan bagi Anda yang lebih suka bekerja di depan komputer atau laptop karena basis pengoperasiannya yang menggunakan PC.

Anda yang memiliki bisnis dengan jumlah barang yang banyak cocok menggunakan aplikasi ini. Seperti aplikasi pengelola stok yang lain, Bhansali Inventory juga dibekali fitur-fitur fungsional. Fitur menarik seperti penyediaan dan juga pengelolaan barang yang hendak dijual juga melengkapi aplikasi ini.

Bhansali Inventory juga mampu mengatur setiap kegiatan usaha terkait persediaan barang. Mulai dari membuat laporan hingga perhitungan pajak toko, semua bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Pengelolaan persediaan pun menjadi lebih praktis dan efisien. Kemudahan ini sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki banyak kategori dan juga jumlah item untuk dijual.

Uraian edukasi beberapa aplikasi persediaan barang ini patut dicoba untuk mengelola stok produk dalam bisnis Anda. Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi, Anda bisa menggunakan percobaan gratis yang ditawarkan oleh pengembang.

Percobaan gratis tersebut umumnya ditawarkan dalam waktu tertentu yang cukup sebagai pengalaman merasakan keunggulan aplikasi ini. Dengan memanfaatkan pengalaman percobaan aplikasi secara gratis, Anda bisa menentukan aplikasi mana yang lebih mudah digunakan.

Sesuaikan pula fitur-fitur aplikasi dengan bisnis yang Anda geluti. Sehingga, setiap fitur yang melengkapi aplikasi persediaan barang tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan fungsinya.***