logo

DPR Dorong Pemerintah Percepat Digitalisasi Nasional

DPR Dorong Pemerintah Percepat Digitalisasi Nasional

webinar bertajuk Pemanfaatn Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (16/9).
16 September 2021 22:35 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - JAKARTA: DPR mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk percepatan digitalisasi nasional sehingga masyarakat mendapatkan percepatan kemudahan dan kesetaraan akses serta konektivitas jaringan internet yang merata. 

Demikian disampaikan Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Hafid dalam keynote speakernya saat membuka webinar bertajuk Pemanfaatn Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (16/9/2021). Webinar via zoom yang  diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiarna dan Founder Jagoan Indonesia, Dias Satria sebagai narasumber. 

Kemkominfo sebagai leading sector dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika, menurut Meutya Hafid, perlu untuk terus mengembangkan keterampilan dan kreatifitas digital melalui berbagai kegiatan dengan bermitra dengan sektor swasta serta mengintegrasikan dengan pemangku kepentingan secara inklusif. 

"DPR dalam hal ini Komisi 1, mendorong pemerintah untuk terus melakukan sosialisasi cara bermedia sosial yang baik sehingga mampu meningkatkan literasi digital masyarakat utamanya para generasi muda," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiarna menuturkan dengan tersedianya infrastruktur TIK memungkinkan para pelaku UMKM Indonesia untuk dapat beralih ke digital. Dirinya menyampaikan saat ini diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap scaling-up. 

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024 setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan onboarding secara digital. Oleh karenanya, Kemkominfo memastikan keandalan infrastruktur TIK agar semua orang dapat terhubung secara digital,” jelasnya. 

Namun Nyoman menyatakan pihaknya tidak akan berhenti sampai di situ. Setelah percepatan infrastruktur sebagai fondasi utama akselerasi transformasi digital, Kemkominfo juga tengah menyiapkan terbentuknya masyarakat digital. Diantaranya pemerintahan digital, ekonomi digital, hingga peningkatan SDM digital. 

Sementara itu, Founder Jagoan Indonesia, Dias Satria dalam paparannya mengatakan hal utama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan branding adalah memahami keunikan produk yang dijual sekaligus menentukan target pasar. 

Dias mengungkapkan pertumbuhan UMKM di Indonesia berkembang semakin pesat, bahkan terbilang menjadi penyokong utama kekuatan ekonomi Indonesia. Meski begitu, untuk mampu berkontribusi secara optimal, ekosistem usaha lokal memerlukan dukungan teknologi dan jaringan yang luas agar bisa menyatukan seluruh UMKM. ***

Editor : Pudja Rukmana