logo

Vaksinasi Covid-19 Di Solo Terus Dikebut Meski Capaian Sudah 101 Persen

Vaksinasi Covid-19 Di Solo Terus Dikebut Meski Capaian Sudah 101 Persen

Vaksinasi pelajar di Kota Solo terus dikebut meski capaiam vaksinasi telah mencapai 101 persen
15 September 2021 23:02 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah telah mencapai lebih dari 100 persen dari target sasaran 417.151 orang. Meskipun telah lebih dari target, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, masih terus melakukan percepatan vaksinasi, bahkan target dinaikan menjadi 120 hingga 130 persen.

"Capaian vaksin lebih dari target, tapi vaksinasi untuk pelajar masih sedikit sekali. Makanya saat ini kita masih ngejar untuk anak-anak usia 12 tahun keatas," jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta (Poltekkes) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021).

Pemkot Solo terus mendorong vaksinasi untuk pelajar usia 12 tahun keatas. Apalagi saat ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah dilaksanakan.

"September ini lah kita selesaikan," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan saat ini sudah ada sekitar 50 persen dari sasaran pelajar yang sudah divaksin. Dari 73.000 sasaran, yang sudah divaksin sebanyak 38. 000 pelajar.

"Pokoknya ini kita kebut, nanti ada vaksin dari mana lagi saya pasti minta alokasi untuk siswa. Tetap lansia, ibu hamil, hipertensi, DM jug menjadi prioritas," jelas Siti.

Siti mengatakan untuk vaksinasi pelajar ditargetkan selesai tidak sampai bulan Oktober. Lebih lanjut Siti mengatakan meskipun capaian vaksinasi lebih dari 100 persen tetapi belum bisa dikatakan telah terbentuk herd immunity. Karena dari 417.151 yang sudah divaksin, penduduk Kota Solo baru 76 persen.

"Karena yang lain adalah warga luar Kota Solo yang beraktivitas di Kota Solo, atau warga luar Solo yang berdomisili di Kota Solo," ucapnya.

Sehingga pihaknya menargetkan mininal 417.151 sasaran itu adalah warga ber KTP Solo semuanya. Sedangkan warga Kota Solo yang berusia diatas 12 tahun mencapai 478.000 an. Jika anak usia 12 tahun keatas sudah divaksin maka anak-anak usia 12 tahun kebawah sudah terlindungi karena sudah terbentuk kekebalan komunitas.

Sementara itu vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di sentra vaksinasi Covid-19 Poltekkes Solo, tidak memandang asal mereka apakah ber KTP Solo atau bukan. Pelaksanaan vaksinasi di sentra vaksinasi.Covid telah dimulai sejak tanggal 5 Juli lalu dengan melibatkan tenaga kesehatan dari pegawai dan mahasiswa di Poltekkes Surakarta. Sampai dengan saat ini tercatat sudah ada 9.450 warga mendapat vaksin dosis pertama dan 4.350 untuk dosis kedua. ***

Editor : Pudja Rukmana