logo

Pesan Presiden Jokowi Untuk Gibran, Hijaukan Kota Solo Dan Genjot Pendidikan

Pesan Presiden Jokowi Untuk Gibran, Hijaukan Kota Solo Dan Genjot Pendidikan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mendampingi Presiden Jokowi untuk pertama kalinya dalam acara resmi
14 September 2021 22:07 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Untuk pertama kalinya sejak dilantik sebagai Wali Kota Solo, Gibran mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara forum Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN)  di Fakultas Kedokteran UNS, Solo Senin (13/9/2021) kemarin.

Meskipun hanya singkat, dalam pertemuan tersebut Gibran mengatakan Presiden Jokowi yang juga ayahnya itu memberikan sejumlah pesan.

"Kemarin ketemu Bapak, ya kita profesional saja untuk acara forum Rektor," ujar Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (14/9/2021).

Terkait pesan yang diberikan Jokowi kepadanya, Gibran mengungkapkan antara lain soal penghijauan dan pendidikan di Kota Solo.

"Ada beberapa masalah penghijauan kita masih kurang, masalah pendidikan harus digenjot lagi. Soal penghijauan, dibilang Bapak masih kurang hijau. Ya nanti bertahap kita hijaukan tapi butuh waktu," jelasnya.

Menurut Gibran, sebenarnya Presiden Jokowi ingin mengunjungi sejumlah lokasi di Kota Solo, tetapi karena waktunya terbatas belum sempat menengok. Seperti keberadaan Solo Techno Park (STP) yang lokasinya berada di belakang kampus UNS.

"Sebenarnya kan ada Solo Techno Park (STP) dibelakang kampus yang belum kita sentuh. STP akan digunakan sebagai tempat kegiatan yang produktif terutama untuk mahasiswa. Perusahaan-perusahaan nanti akan masuk ke STP untuk mendukung terutama UMKM di Kota Solo," jelasnya lagi.

STP akan menjadi tempat kegiatan yang produktif terutama untuk mahasiswa. Sedangkan untuk penghijauan, Gibran mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberpaa program penghijauan, salah satunya urban farming.

Menurutnya, program tersebut nantinya akan berjalan bersama dengan program wellness tourism yang menjadi visi misi saat kampanyenya dulu.

"Urban farming nyambung dengan  wellness tourism,  seperti yang saya katakan saat kampanye dulu. Kalau andalkan perkantoran tidak bisa, nanti kita buat di tanah-tanah kosong sepanjang pinggiran sungai. Sudah ada gambarannya semua, kemarin Pak Menteri Pertanian datang kesinu dua kali juga untuk membicarakan hal itu juga," pungkasnya. ***

Editor : Pudja Rukmana