logo

Rumah BUMN Blitar Diminati Pelaku UMKM

 Rumah BUMN Blitar Diminati Pelaku UMKM

14 September 2021 18:40 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - BLITAR: Rumah BUMN Blitar yang didirikan sejak Agustus 2019 semakin mengokohkan perannya sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hingga saat ini, Rumah BUMN Blitar menaungi 171 UMKM dengan beragam jenis usaha mulai dari produk pertanian, kerajinan tangan, peternakan, olahan makanan dan minuman, fashion, hingga jasa.

Menurut Senior Manager Komunikasi dan Umum
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, A Rasyid Naja, Rumah BUMN Blitar ini memiliki keunggulan seperti pesatnya berbagai komunitas UMKM di wilayah Blitar Raya yang mendukung keberadaan mereka. "Blitar sendiri merupakan salah satu kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbesar di Indonesia yang sedang mendapat perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya, Selasa (14/9/2021).

Pihaknya mengklaim, saat ini semakin banyak jumlah UMKM di Rumah BUMN Blitar, dan bahkan tahun ini saja sudah mencapai 171 UMKM atau meningkat hampir 100% dari tahun sebelumnya. Rumah BUMN Blitar ini dikelola Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna (Pertakina).

Mereka menggelar serangkaian kegiatan yang menumbuhkembangkan pengetahuan dan ketrampilan pelaku UMKM. Mulai dari program pembinaan, pendampingan usaha mingguan, pelatihan rutin bulanan, serta pengelolaan ruang pamer produk UMKM.

Menurut Ketua Pertakina sekaligus pengelola Rumah BUMN Blitar, Sulistyaningsih, para pelaku UMKM nanti akan dibekali pelatihan dan pengembangan skill. "Mulai dari pembuatan video produk, optimalisasi medsos, pendaftaran merk dagang, pemasaran online dan masih banyak lainnya,' ujarnya.

Pihaknya juga memfasilitasi tempat untuk diskusi, konsultasi serta ruang pamer produk.  Rumah BUMN Blitar ini diharapkan bisa membuat UMKM berdaya hingga mampu menggerakkan perekonomian.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto