logo

Koarmada III Gelar Pembinaan Masyarakat Perbatasan Dan Pulau Terluar Secara Kontinu

 Koarmada III Gelar Pembinaan Masyarakat   Perbatasan Dan Pulau Terluar Secara  Kontinu

14 September 2021 18:09 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG: TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III melaksanakan komunikasi sosial maritim dan pembinaan wilayah perbatasan laut dalam bentuk silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda di Pulau Jefman, Distrik Salawati, Papua Barat, selama dua hari yang dimulai Selasa (14/9/2021).

Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E., M.M., mengatakan komunikasi sosial dan pembinaan wilayah perbatasan laut memiliki makna yang penting.

Dalam  upaya Koarmada III melaksanakan tugas pembinaan potensi maritim di wilayah kerjanya untuk menjadi kekuatan pertahanan negara di laut yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Tujuan Satkowil di Koarmada III melaksanakan pembinaan masyarakat maritim di perbatasan dan pulau terluar secara berkesinambungan untuk menjamin keamanan serta menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Yakni,  dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, aparatur pemerintah daerah dan keluarga besar TNI AL guna memahami pentingnya penyiapan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh dalam rangka ketahanan nasional, demikian penegasan  Pangkoarmada III Laksda Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla.

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III juga menegaskan bahwa pandemi covid-19 saat ini masih terjadi di Indonesia, telah menyebabkan penyesuaian berbagai kegiatan, termasuk dalam menjalankan aktivitas pembinaan kekuatan pertahanan negara.

Situasi pandemi yang sedang dihadapi bangsa kita saat ini, tidak semata-mata akan menegasikan ancaman terhadap pertahanan negara, terlebih lagi ancaman nyata, sebuah kondisi yang tidak bisa dinegosiasikan.

 “Untuk mengatasi situasi dan kondisi tersebut, TNI Angkatan Laut membutuhkan komponen lainnya untuk menggandakan kekuatan, agar dapat mendukung tugas dan fungsi pertahanan di laut, intelijen, diplomasi, serta konstabulari yang diembannya,” tegasnya.

Kegiatan komunikasi sosial dan pembinaan wilayah perbatasan laut Koarmada III ini, mengambil tema ”TNI AL melaksanakan komunikasi sosial dan pembinaan wilayah perbatasan laut tahun 2021 di wilayah kerja Kormada III dalam rangka menyiapkan RAK juang yang tangguh dan penanggulangan Pandemi Covid-19".

Aspotmar Pangkoarmada III Kolonel Marinir Budiarso, S.E., selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan Komsos dan Binwiltas ini diikuti 325 orang.

 Selama kegiatan dilaksanakan ceramah bela negara, wawasan kebangsaan, pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya laut, dan penanganan Covid-19.

 Selain itu juga dilaksanakan pemberian bantuan sarana olahraga kepada pemuda Jefman, pemberian bantuan makanan pokok sebanyak 150 paket, dan outbound pelajara SMP Negeri 13 Jefman.

Kegiatan ini juga dihadiri Komandan Lantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M. Tr.Opsla, Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah, Paban IV Komsos Spotmar Mabesal Kolonel Marinir Edy Prakoso, dan Kadispotmar Koarmada III Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto, S.E. ***

(Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P)

Editor : Dwi Putro Agus Asianto