logo

Waspada Ancaman Gatal, Begini Tips Beli Salep Gatal Cara Online

Waspada Ancaman Gatal, Begini Tips Beli Salep Gatal Cara Online

Ancaman gatal di bagian tubuh apapun jangan mudah digaruk karena akan berefek bahaya (Ist)
06 September 2021 16:12 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Gatal pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigitan serangga, alergi terhadap makanan, debu, sinar matahari, paparan bahan kimia, sampai dengan kondisi tertentu. Maka dari itulah, obat gatal di luaran tersedia dari berbagai jenis, tergantung dengan penggunaan. Bentuk obat gatal pun juga bermacam-macam, ada yang bubuk, tablet, sampai dengan salep. 

Tapi ingat saat beli salep gatal, jangan asal ambil sembarangan. Perlu cek dan ricek secara detil. Karena jika tidak cocok, efek sampingnya bisa membahayakan. Akibat yang ditimbulkan gatal bisa bertambah parah atau malah menimbulkan penyakit lainnya.

Apalagi kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, untuk membeli sesuatu memang lebih aman jika dilakukan secara online. Tinggal pesan, barang akan diantar ke rumah.

Yuk cek berikut ini tips beli salep gatal secara online.

1. Beli di Toko Official

Tips yang pertama adalah belilah di official store atau toko official. Karena saat beli sesuatu, baik itu obat salep atau produk lainnya keasliannya sangat terjamin. Jadi Anda tidak akan khawatir mendapatkan barang palsu. Apalagi ini memang berhubungan dengan kesehatan diri, harus ekstra waspada dengan membeli di tempat-tempat terpercaya.

Selain itu, keuntungan lainnya membeli di official store adalah bisa mendapatkan update terbaru tentang produk yang dibeli. Misalnya ada upgrade kemasan atau rilis produk-produk anyar yang baru dipasarkan. Meski baru Anda akan tetap diberikan rasa percaya dan aman dalam diri lantaran ditawarkan oleh toko officialnya.

Di toko official juga tidak jarang memberikan harga promosi pada momen-momen tertentu. Bisa jadi saat pengeluaran produk terbaru, ulang tahun perusahaan, hingga momen kemerdekaan RI.

Bentuk promosinya pun bermacam-macam, bisa potongan harga, bundling dengan harga lebih murah, sampai gratis ongkos kirim. Supaya lebih aman lagi, Anda bisa membeli di marketplace terpercaya seperti halnya Blibli.

Banyak sekali official store yang telah jadi mitra. Tinggal pilih saja produk atau merek kesayangan Anda.

2. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Hal lainnya yang perlu untuk diperhatikan saat membeli salep gatal secara online adalah tanggal kadaluarsa barang tersebut. Apakah masih layak digunakan beberapa bulan ke depan atau bahkan sudah mendekati expired date.

Jika sudah mendekati masa kadaluarsa, ada baiknya membeli di tempat lainnya. Apa pun itu, baik obat salep atau lainnya tidak disarankan untuk dipakai atau konsumsi saat kadaluarsa.

Sebagai informasi, tanggal yang dicetak merupakan batas aman yang bisa dijamin oleh produsennya. Jadi, jika terjadi efek samping saat menggunakan obat kadaluarsa, sudah bukan tanggungan perusahaan lagi.

Jangan sampai karena ingin menghemat beberapa pengeluaran, tetap menggunakan obat kadaluarsa. Jika terjadi efek buruk lebih parah, Anda sendiri yang akan keluar banyak uang 

3. Beli Sesuai Dengan Resep Dokter

Selain itu yang perlu untuk diingat, menjunjung tinggi keamanan diri, belilah obat salep yang sesuai dengan resep dokter. Terutama gatal yang berasal dari penyakit-penyakit tertentu seperti halnya eksim, psoriasis, sampai dengan kudis yang parah.

Dokter akan bisa menyesuaikan dosis yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi yang dimiliki, jauh lebih aman dari beli secara acak. Dengan mengikuti resep dokter, Anda bisa tahu efek samping dari obat yang digunakan. Bagaimana cara pakainya, berapa kali penggunaanya, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda akan merasa lebih aman, kepercayaan pada obat tersebut juga meningkat. Jika sudah optimis, biasanya tingkat kesembuhan makin tinggi.

4. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Siapa yang tidak tergiur dengan harga murah meriah? Semuanya ingin menghemat uangnya untuk digunakan hal lain. Namun sekali lagi jika digunakan untuk pengobatan diri, jangan terlalu perhitungan ya. Karena ditakutkan, produk-produk yang dijual harga murah merupakan barang palsu atau hampir habis masa pakainya.

Supaya tidak tertipu dengan barang palsu, Anda bisa membandingkan harganya yang tertera di official store. Meski produk habis, namun harganya akan tercantum. Lain halnya jika Anda sudah beli di tempat-tempat terpercaya, harga yang murah biasanya karena ada program-program tertentu. Bedakan harga murah tersebut, indikasikan barang palsu atau memang sedang ada promosi.

5. Lebih Hati-hati Jika Untuk Bayi

Khusus salep gatal untuk anak bayi, Anda harus tambah hati-hati lagi membelinya. Pilihlah produk-produk dengan kandungan zinc di dalamnya, karena bisa membuat gatal berkurang namun tetap membuat kulit lembut.

Selain itu carilah juga obat salep dengan pelembab namun tidak memiliki aroma. Jika tidak memiliki pelembab, ditakutkan salep tersebut akan membuat kulit bayi kering.

Bayi dengan eksim lalu mendapatkan salep yang menyebabkan kulitnya kering akan memperparah efek sampingnya. Bisa jadi digaruk-garuk hingga menimbulkan banyak luka lainnya yang lebih parah.

Khusus untuk bayi, pilihlah salep dengan kandungan steroid. Karena saat digunakan akan efektif. Namun kandungan steroidnya hanya ringan-ringan saja. Ini jika bayi mengalami eksim.

Tetapi jika gatal bayi disebabkan oleh infeksi, hindari penggunaan salep dengan kandungan steroid, karena bisa memperparahnya. Jika gejala gatal sudah semakin parah, jangan hanya mengandalkan obat yang dibeli apotek saja ya. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter supaya bisa dapatkan penanganan yang lebih bagus dan cepat.

Apalagi jika kondisi gatal sudah menimbulkan borok atau bau, bisa jadi, ada penyakit berbahaya yang sedang mengintai.

Nah demikianlah penjelasan tentang beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat hendak membeli salep gatal secara online. Mulai dari beli di toko resmi sampai dengan perlu ekstra hati-hati jika diperuntukkan bagi bayi. Jangan sampai sembarangan beli obat online ya!***