logo

Rina Nose Dan Fero Walandouw Kena 'Damprat' Ganjar Pranowo

Rina Nose Dan Fero Walandouw Kena 'Damprat' Ganjar Pranowo

Salah satu adegan OVJ tadi malam. (Istimewa)
24 Agustus 2021 10:59 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Rina Nose bersama Fero Walandouw (bintang hiburan yang suka ngocok perut penonton) sempat kena 'damprat' Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Setelah keduanya nekat bakal piknik ke Jawa Tengah tanpa izin Kepala Daerah.

Namun 'damprat'an itu, hanya terjadi di salah satu adegan dalam drama komedi Opera Van Java (OVJ). Dalam acara yang disiarkan langsung, Senin (23/8/2021) malam tersebut, Ganjar menjadi bintang tamu kejutan secara daring, dan tampil di segmen ketiga.

OVJ dibuka oleh penampilan ciamik Abah Lala dan Lala Widi, yang menyanyikan lagu-lagu tradisional Jawa dengan penuh semangat. Setelah lagu selesai, Denny Cagur muncul bersama Rina Nose dan Fero Walandouw.  Dalam segmen itulah, Rina Nose dan Fero yang berperan sebagai turis Belanda ingin berwisata ke Jawa Tengah.

"Saya mau berwisata, keliling Jawa Tengah. Tolong antarkan saya," kata Rina kepada Denny yang bertindak sebagai tour guide. Denny mengatakan, kalau mau piknik ke Jawa Tengah, turis mesti izin kepala daerah. Namun usulan ditolak mentah-mentah oleh Rina Nose dan Fero.

"Apa-apaan pakai izin segala. Nggak perlu minta izin. Nggak penting itu," ucap Rina. Tiba-tiba ada suara masuk ke studio. Suara itu dengan tegas dan keras menegur Rina Nose maupun Fero. "Siapa bilang masuk Jateng nggak perlu izin? Semua harus patuh izin dulu," kata suara tersebut.

Rina Nose dan Fero yang tak tahu kalau yang bersuara itu Ganjar, malah mengejek. Rina dengan tingkah lucunya, meminta agar orang yang mengeluarkan kata-kata itu untuk mengulang. Baru setelah layar di belakang panggung menampilkan wajah Ganjar, Rina Nose dan Fero langsung tersipu malu.

Keduanya segera meminta maaf ke Ganjar, dan meminta izin untuk berwisata ke Jawa Tengah. "Aku kaget lho. Ternyata ada Pak Ganjar. Malam Pak, saya izin mau piknik ke Jawa Tengah. Saya ingin melihat seni tradisi dan budaya di Jawa Tengah Pak Ganjar. Soalnya seni dan budaya tradisional Jawa Tengah bagus-bagus," ucap Rina.

Ganjar pun menjelaskan, seni dan budaya tradisional Jawa memang sedang hits saat ini. Yang paling hits salah satunya adalah lagu. Dan kalau bicara lagu tradisional, Ganjar langsung ingat almarhum Didi Kempot.

"Kalau soal lagu tradisional, saya jadi inget mas Didi Kempot. Karenanya lagu tradisional jadi terkenal. Banyak juga anak-anak muda kreatif yang membuat lagu tradisional bisa menasional. Ada kawan saya ini, Abah Lala, ada juga Yeni Inka, Denny Caknan dan lainnya. Kalau ini dikembangkan terus dan semakin kreatif, K-Pop bisa kalah lho," katanya.

Tidak cuma lagu, budaya tradisional Indonesia memang sangat menarik. Buktinya saja, saat Presiden Joko Widodo memakai baju adat Badui, baju adat itu langsung ngehits dan laku keras. UMKM nya bisa berjalan dan ekonomi bangkit.

"Jadi kita harus bangga dengan seni dan budaya tradisional kita. Anak-anak mudalah yang bisa membuat seni budaya tradisional semakin terkenal dengan kreativitas yang dimiliki," ucap Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengajak semua masyarakat untuk terus disiplin prokes. Dengan kondisi yang membaik saat ini dan prokes dilakukan ketat, harapannya situasi segera bisa normal kembali.

"Apabila pandemi sudah turun, tentu kehidupan berkesenian bakal tampil dinamis lagi, UMKM bisa jualan lagi. Kalau kita disiplin prokes, pasti bisa. Tetap kreatif, inovatif dan jangan mengeluh. Semuanya harus semangat," pungkas Ganjar.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto