logo

Mengenal Pembukuan Akuntansi Sederhana Berikut Cara Membuatnya

Mengenal Pembukuan Akuntansi Sederhana Berikut Cara Membuatnya

Istimewa
22 Agustus 2021 18:49 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pembukuan akuntansi sederhana merupakan salah satu komponen penting dalam operasional sebuah bisnis. Tak hanya diperuntukkan bagi para pelaku usaha yang sudah berskala besar, komponen yang satu ini juga harus dan wajib dimiliki oleh pelaku usaha rumahan, mikro, kecil, dan menengah.

Hal ini karena alam praktiknya, pembukuan memegang peranan penting yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bisnis kedepannya maupun sebagai patokan untuk melihat sejauh mana keuntungan atau kerugian yang didapatkan.

Sayangnya, meskipun memegang peranan penting, nyatanya masih banyak pelaku usaha yang menganggap remeh keberadaan pembukuan ini atau bahkan tidak memilikinya sama sekali.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengajak Anda untuk membahas lebih lanjut mengenai pembukuan akuntansi sederhana hingga cara mudah untuk membuatnya.

Apa Itu Pembukuan Akuntansi Sederhana? Berdasarkan definisinya, pembukuan merupakan sebuah aktivitas atau proses pencatatan yang dilakukan secara rutin dan teratur dengan tujuan untuk memperoleh data serta informasi keuangan suatu bisnis atau organisasi.

Dalam hal ini, aspek yang dicatat dalam sebuah pembukuan meliputi harta, modal, kewajiban, penghasilan, dan biaya, serta masih banyak lagi aspeknya lainnya. Selanjutnya, proses pembukuan ditutup dengan pembuatan laporan keuangan seperti neraca dan laporan laba rugi yang nantinya digunakan untuk modal pelaporan pajak pada tahun yang dimaksud.

Membuat pembukuan untuk bisnis sebenarnya bukanlah perkara yang rumit. Anda hanya perlu menyiapkan buku khusus untuk mencatat setiap pemasukan, pengeluaran, inventaris, laba rugi dan kebutuhan lain yang disesuaikan dengan operasional bisnis Anda.

Namun di era yang serba digital seperti sekarang, ada banyak aplikasi pembukuan bisnis yang bisa diunduh langsung melalui smartphone yang Anda miliki. Tentunya, aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan kemudahan pencatatan pembukuan, dimana Anda tidak lagi perlu menggunakan buku fisik serta tak perlu melakukan perhitungan secara manual yang rawan kesalahan.

Software pembukuan yang tersebar bebas di pasaran dan bisa Anda gunakan secara gratis bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang tidak terlalu menguasai akuntansi yang kompleks. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan oleh semua kalangan, baik para pelaku bisnis kecil maupun yang berskala besar.

Manfaat Pembukuan Untuk Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua lini bisnis baik yang sudah berskala besar maupun yang baru saja dirintis membutuhkan pembukuan untuk melihat kinerja keuangan bisnis mereka dalam satu periode akuntansi. Melalui pembukuan yang dicatat secara terstruktur dan rapi, pelaku bisnis dapat mengetahui banyak informasi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui posisi kas perusahaan

Pembukuan dalam bisnis sangat berkaitan erat dengan kondisi keuangan perusahaan. Lewat pencatatan yang teratur, para pelaku bisnis bisa mengetahui sejauh mana mereka mendapatkan keuntungan atau pun mengalami kerugian.

Dalam hal ini, perusahaan atau para pelaku bisnis bisa menentukan langkah seperti apa yang tepat untuk dijadikan pijakan berikutnya. Sebagai contoh, jika bisnis atau usaha yang Anda jalankan mengalami kerugian, maka Anda bisa mencari tahu solusi pemecahannya agar tidak terus berlangsung dan dapat mematikan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Begitu pun jika keuangan bisnis Anda menunjukkan arus yang positif atau menghasilkan keuntungan (profit), Anda bisa memanfaatkan informasi keuangan tersebut seperti untuk membuka cabang baru atau mengembangkan bisnis Anda, tentunya dengan pertimbangan yang lebih matang.

2. Memudahkan pelacakan transaksi yang dilakukan oleh bisnis

Pembukuan akuntansi dalam bisnis yang Anda buat pada dasarnya hanya berisi daftar transaksi yang sudah dilakukan oleh bisnis Anda. Hal ini mencakup semua jenis transaksi masuk dan keluar. Nah, lewat pencatatan informasi transaksi ini, sebagai pelaku usaha Anda bisa mengetahui kemana saja kas bisnis tersebut dipergunakan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat dari mana saja pemasukannya berasal. Termasuk Anda juga dapat mengetahui produk-produk apa saja yang diminati oleh pelanggan. Inilah yang membuat pembukuan dalam bisnis menjadi salah satu komponen yang krusial. Sebab seperti yang kita ketahui, seringkali kita lupa membelanjakan uang untuk keperluan apa saja.

Dengan melakukan pencatatan secara teratur, maka risiko kehilangan atau kelupaan uang sangat bisa diminimalisir.

3. Sebagai bahan evaluasi pihak internal maupun eksternal

Berikutnya, manfaat dari pembukuan akuntansi dalam bisnis juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja baik dari pihak internal bisnis (partner) maupun eksternal (seperti investor, koperasi, bank, dan lain-lain).

Rekaman pembukuan yang lengkap dan menunjukkan nilai positif, tentu akan memudahkan Anda dalam meyakinkan investor atau lembaga keuangan dalam mendapatkan pinjaman atau suntikan modal. Hal ini dikarenakan, lewat data dalam pembukuan tersebut para investor atau lembaga keuangan bisa mengetahui prospek bisnis Anda kedepannya.

4. Mengetahui informasi utang piutang dalam bisnis

Utang piutang dalam bisnis juga merupakan hal yang harus diperhatikan dan dicatat ke dalam pembukuan. Lewat pencatatan utang piutang ini, para pelaku bisnis bisa mengetahui berapa jumlah utang atau piutang yang dimilikinya. Dalam mencatat pembukuan utang piutang, ada baiknya untuk mengisi seluruh informasinya dengan detail termasuk nama kreditur atau debitur, jumlah serta waktu jatuh temponya. Sebab jika terdapat informasi yang kurang detail dapat menyebabkan kas bisnis Anda macet hingga mengganggu operasional bisnis nantinya.

5. Memudahkan pelaporan pajak

Pembukuan yang teratur juga dapat membantu memudahkan para pelaku usaha dalam menghitung dan melaporkan pajak yang harus mereka bayar. Biasanya besaran pajak yang harus dibayar oleh usaha tergantung dari omset yang mereka dapatkan. Selain itu, pelaporan pajak usaha juga biasanya memerlukan informasi data pencatatan keuangan selama 1 tahun belakangan.

Dengan demikian, jika Anda sudah mencatat transaksi dalam bisnis dengan tepat dan teratur, maka masalah pajak tentu bukan lagi hal yang rumit untuk dipenuhi kewajibannya.

Cara Membuat Pembukuan Akuntansi Sederhana

Untuk membuat pembukuan sederhana dalam bisnis sebenarnya cukuplah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa buku khusus untuk melakukan pencatatan setiap transaksi secara manual.

Berikut ini adalah beberapa langkah membuat pembukuan akuntansi sederhana dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.l:

1. Mencatat setiap pengeluaran

Langkah awal dalam membuat pembukuan sederhana adalah dengan mencatat seluruh jenis transaksi pengeluaran yang dilakukan. Jenis transaksi pengeluaran yang dimaksud dalam hal ini meliputi biaya operasional, gaji karyawan, modal bahan baku, biaya utilitas (listrik, air, internet, dan lain-lain) dan masih banyak lagi lainnya.

Setiap transaksi pengeluaran ini harus dicatat dengan spesifik dan jelas agar tidak menimbulkan kebingungan pada saat Anda melakukan pengecekan ulang.

2. Mencatat setiap transaksi pemasukan

Jika ada transaksi pengeluaran, maka ada juga transaksi pemasukan yang harus dicatat. Jenis transaksi pemasukan ini dapat berupa hasil penjualan produk atau jasa, piutang, hasil investasi, suntikan dana, pinjaman modal, dan lain sebagainya.

Transaksi pemasukan dan pengeluaran harus dicatat secara rutin dan teratur agar laporan yang dihasilkan nantinya valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Siapkan juga buku kas utama

Selanjutnya ada buku kas utama yang merupakan gabungan dari catatan pengeluaran serta pemasukan. Secara umum, fungsi buku kas utama adalah untuk melihat sejauh mana kerugian atau keuntungan yang bisnis Anda dapatkan.

4. Buku stok barang

Lalu ada juga buku khusus untuk stok barang. Sesuai namanya, buku ini digunakan untuk mencatat stok barang saat ini serta sebagai salah satu sumber perencanaan stok barang di masa mendatang. Keberadaan buku stok barang ini penting terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis toko kelontong, toko alat tulis, dan jenis bisnis lain yang mengharuskan Anda untuk selalu menyiapkan stok barang sebelum berjualan.

Demikian artike yang semoga bermanfaatl mengenai pembukuan akuntansi sederhana beserta cara mudah untuk membuatnya. Jika Anda tidak mau repot melakukan pencatatan keuangan dengan cara manual, Anda bisa menggunakan bantuan dari software atau perangkat lunak yang bisa diunduh gratis melalui ponsel pintar yang Anda miliki.***