logo

Penerima Vaksin Terus Meningkat, Menko PMK Minta Pemda Habiskan Stok Di Gudang

Penerima Vaksin Terus Meningkat, Menko PMK Minta Pemda Habiskan Stok Di Gudang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy meminta pemerintah daerah (pemda) menghabiskan stok vaksin COVID-19
27 Juli 2021 23:49 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Penerima vaksin pertama terus bertambah dan Selasa (27/7/2021) sebanyak 550.229 orang dengan totalnya melebihi 45 juta orang atau 45.278.549 orang.

Sedangkan yang menerima vaksinasi kedua juga meningkat melebihi 18 juta orang atau angka tepatnya 18.666.343 orang termasuk tambahan hari ini sebanyak 536.465 orang. Untuk target sasaran vaksinasi berada di angka 208.265.720 orang.

Sejalan dengan itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy meminta pemerintah daerah (pemda) menghabiskan stok vaksin COVID-19 di gudang. Upaya tersebut demi memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Hal itu disampaikan Muhadjir Effendy saat berkunjung mengecek ketersediaan vaksin dan obat-obatan di Unit Pelaksana Teknis Daerah Instalasi (UPTD) Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Hasil kunjungan, masih terdapat stok vaksin untuk vaksinasi dosis kedua.

"Jadi, tidak boleh ada vaksin yang ngendon (tertahan) di gudang-gudang, dengan alasannya untuk nanti vaksin kedua," terang Muhadjir di Unit Pelaksana Teknis Daerah Instalasi (UPTD) Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Kota Balikpapan pada Senin, 26 Juli 2021.

"Vaksinasi kedua nanti kita akan atur lagi. Yang di sini, segera digunakan. Tidak boleh ada vaksin tertahan di masing-masing gudang paling bawah."

Sementara itu, laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliaty, jumlah vaksinasi COVID-19 di provinsinya masih sangat rendah.

"Untuk proses vaksinasi tahap pertama baru 21,3 persen dari total penduduk dan vaksinasi tahap kedua baru sekitar 10 persen," lanjut Menko Muhadjir Effendy. ***