logo

UNS Sediakan Dua Lokasi Untuk Isolasi Mandiri

UNS Sediakan Dua Lokasi Untuk Isolasi Mandiri

Gedung E asrama mahasiswa UNS digunakan untuk lokasi isolasi mandiri
28 Juli 2021 22:42 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan dua tempat isolasi mandiri (isoman). Kedua lokasi isoman yang disebut sebagai Rumah Sehat itu diperuntukkan bagi civitas akademika dan warga di sekitar Kampus UNS yang terpapar Covid-19.

Untuk Rumah Sehat 1 yang berada di Gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS, sudah digunakan sejak Januari lalu untuk civitas akademika dan warga Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan Rumah Sehat 2 berada di gedung E asrama mahasiswa baru dibuka, Rabu (28/7/2021) ini. Rumah Sehat 2 tersebut bisa digunakan oleh mahasiswa dan warga sekitar kampus UNS yang terpapar Covid-19.

""UNS memiliki dua Rumah Sehat yang pertama berada di Gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS yang sudah beroperasi pada Januari lalu. Dan Rumah Sehat 2 di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS yang resmi dibuka mulai hari ini," jelas Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, di sela-sela pembukaan Rumah Sehat Asrama Mahasiswa UNS.

Rumah Sehat yang disiapkan UNS untuk isoman tersebut digunakan untuk civitas akademika UNS dan warga yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala dan yang bergejala ringan tanpa komorbid.

"Untuk kapasitas di Gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS sebanyak 180 tempat tidur. Sedangkan di asrama mahasiswa terdapat 114 dengan jumlah tempat tidur 228. Karena dalam satu kamar terdapat dua tempat tidur," jelasnya lagi.

Rumah Sehat di asrama mahasiswa memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada 10 kamar ber AC, 2 kamar mandi per kamar dan mendapat fasilitas makan tiga kali, pemberian multi vitamin, free wifi, TV, sarana olah raga, serta area berjemur.

"Selain itu juga disediakan lapangan yang luas, taman dan alat memasak. Untuk Rumah Sehat 2 ini kami prioritaskan untuk mahasiswa dan keluarga besar UNS serta warga di wilayah Jebres dan sekitarnya sebagai bentuk CSR dari UNS,” katanya.

UNS telah membentuk Satgas penanganan Covid-19 sehingga bagi yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan tanpa komorbid dapat langsung menghubungi.

“Kemudian untuk warga masyarakat bisa menghubungi RT atau RW setempat. Pemanfaatan Rumah Sehat 1 dan 2 untuk isolasi mandiri bagi para penderita Covid-19 tersebut semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis sebagai bentuk solidaritas sosial," katanya lagi.

Sementara itu dalam pembukaan Rumah Sehat 2 UNS dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Prof. Bandi, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Direktur RS UNS, Prof. Hartono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih, Kapolsek Jebres Kompol Suharmono, Camat Jebres, Sulistiarini. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH