logo

Percepatan Vaksinasi, Pemkot Solo Gandeng Yakkum

Percepatan Vaksinasi, Pemkot Solo Gandeng Yakkum

Konferensi pers akselerasi vaksin di Kota Solo yang diselenggaran Yakkum, PMi dan Rotary Club
01 Juli 2021 16:18 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah menggandeng kekuatan kelompok masyarakat dan organisasi untuk percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Solo.

Salah satunya dengan Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum) bersama Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dan Rotary yang akan menggelar akselerasi vaksin Kota Solo, mulai tanggal 12 Juli hingga 8 September mendatang.

"Saya kerjasama dengan Yakkum intinya kami melakukan percepatan vaksinasi dengan menggandeng kekuatan di Kota Solo. Sehingga nanti diharapkan segera tercapai herd immunity dan aktivitas bisa berjalan dengan tenang," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Solo, Siti Wahyuningsih di Solo Paragon Mall, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/7/2021).

Dengan banyaknya layanan vaksinasi Covid-19 bagi warga Solo itu, Siti menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Selain dengan Yakkum, Pemkot Solo juga menggandeng Halodoc, Ikatan Alumni UNS, Grab, dan lainnya.

"Mobil vaksin dari Indosat juga tetap jalan, bus vaksin milik kita juga jalan, fasilitas kesehatan dan Puskesmas juga tetap melayani vaksinasi," jelasnya lagi.

Adanya vaksinasi tersebut diharapkan bisa mempercepat vaksinasi bagi 400.000 warga Kota Solo. Saat ini jumlah warga Solo yang sudah tervaksin mencapai 175.000 warga.

Sementara itu Ketua Panitia Akselerasi Vaksin Kota Solo dari Yakkum, dr Julita Ruly Titisari, mengatakan vaksinasi yang dilakukan Yakkum bersama Pemkot Solo dan didukung PMS dan Rotary tersebut akan dilakukan secara kontinyu mulai tanggal 12 Juli hingga 8 September di Upper Ground, Solo Paragon Mall.

"Targetnya 10.000 warga sehingga jumlah dosisnya 20.000 dosis. Sehari 400 orang selama 25 hari sehingga tercapai 10.000 orang. Kami berjalan setiap hari kecuali tanggal merah," kata dr Julita.

Vaksinasi dalam program akselerasi vaksin bertajuk Ayo Warga Solo ikut Akselerasi Vaksin Covid-19, itu akan dilayani setiap hari pukul mulai jam 09.00-15.00 WIB Senin - Sabtu. Program ini berlangsung selama dua bulan dan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama tanggal 12 Juli hingga 10 Agustus. Sedangkan tahap kedua diberikan mulai 10 Agustus hibgga 8 September.

Dalam program tersebut baru melayani warga dengan KTP Kota Solo.

"Untuk perusahaan di Kota Solo dengan karyawan ber KTP luar Solo bisa mengajukan izin dulu ke DKK Solo," katanya lagi.

Direktur Direktorat Pelayanan Kesehatan Yakkum, dr Daniel Budi Wibowo menambahkan selain di Kota Solo, Yakkum juga melakukan vaksinasi di 12 rumah sakit dibawah naungan Yakkum di Solo, Yogyakarta, Lampung dan Semarang.

Sementara itu, Sekretaris Umum PMS, Idayanti Santoso mengatakan sebagai organisasi kemanusiaan PMS memiliki komitmen untuk mendukung Kota Solo dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Hal senada juga dikatakan Febry Dipokusumo dari Rotary Club Solo Area. Selama ini Rotary Solo selalu mendukung upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Solo. ***

Editor : Markon Piliang