logo

Advokat Natalia Rusli Bantah Gunakan Ijazah Sarjana Hukum Palsu

Advokat Natalia Rusli Bantah Gunakan Ijazah Sarjana Hukum Palsu

Advokat Natalia Rusli
25 Juni 2021 00:37 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Advokat Natalia Rusli alias NR menyampaikan klarifikasi atas pernyataan lawyer Alfin Lim di media massa bahwa ia menggunakan ijazah palsu.

Menurutnya, tudingan Alfin Lim, Founder Ketua LQ Indonesia Lawyer yang dialamatkan kepadanya itu tidak berdasar.

. “Palsu atau tidak palsu itu definisinya seperti apa? Saya kuliah selama empat tahun masuk tahun 2014 selesai 2018 Sampai skripsi dan diwisuda di kampus yang ada akreditasinya,” kata Natalia kepada  wartawan seperti diberitakan media online nasional, Kamis (23/6/2021).

Pada pemberitaan sebelumnya, Alvin Lim melaporkan Natalia Rusli dan Ketua Umum Peradin Ropaun Rambe ke Polda Metro Jaya atas dugaan pemalsuan surat dan atau pemberian keterangan palsu dalam akta otentik, sesuai Pasal 263 jo pasal 266 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

Keduanya dilaporkan ke SPKT Polda Metro Jaya dengan LP NO STTPL/B/3180/VI/2021/SPKT/Polda Metro Jaya, Senin, 21 Juni 2021.

Dalam laporannya, Alvin menunjukkan bukti surat berupa keterangan dari Kementerian Pendidikan Tinggi (Dikti) yang menyatakan bahwa ijazah Natalia Rusli tidak terdaftar di Dikti alias diduga ijazah aspal. Terkait dengan persoalan kampus dengan Dikti, Natalia menegaskan bahwa masalah kelembagaan dan tidak ada kaitannya dengan mahasiswa.

“Kalau dia mengatakan saya menggunakan ijazah palsu, suruh dia buat di media bahwa seluruh alumni kampus saya semua ijazahnya palsu. Pasti semuanya teriak dan tidak bisa tentunya hanya satu orang saja yang komplen ke Dikti. Karena Dikti itu tidak bisa melayani perorangan, harus secara kelembagaan,” kata Natalia.

Ia pun meragukan kemampuan berpikir Alvin Lim sebagai pengacara yang membuat pernyataan ke media tentang ijazah palsu. “Dia itu benar pengacara yang disumpah jadi advokat?” tuturnya.

Natalia justru balik mempertanyakan gelar advokad yang disandang Alvin Lim. Karena, menurutnya, Alfin Lim disumpah menjadi advokad meski belum mendapatkan gelar Sarjana Hukum (SH).

“Nah kalau ijazah palsu itu belinya di jalan Pramuka tunggu satu jam langsung distempel sendiri. Saya ini dapat ijazah itu empat tahun ikuti pendidikan harus skripsi, wisuda dan bayar. Bukan seperti dia baru dua tahun belum dapat sarjana hukum tapi sudah disumpah di Pengadilan Tinggi Lampung,” ucap Natalia.

Ia menantang Alvin Lim yang ngakunya pengacara hebat. *Buat saja ribuan LP terhadap saya. Saya akan hadapi ,” ucap pendiri Master Trust Law Firm ini.

Natalia Rusli malah balik mempertanyakan bagaimana proses Alvin Lim mendapatkan SKCK pada 2016 saat dia disumpah menjadi advokat di Pengadilan Tinggi Lampung.. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto