logo

Putus Matarantai Penyebaran Covid19, Relawan KAK Semarang Bantu Penyemprotan Disinfektan

Putus Matarantai Penyebaran Covid19, Relawan KAK Semarang Bantu Penyemprotan Disinfektan

Relawan dari Komando Anak Kesatrian (KAK) Semarang melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Jatingaleh Semarang, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid19. Pandemi Covid19. (Istimewa)
20 Juni 2021 12:37 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - SEMARANG: Kondisi pandemi Covid 19 di Semarang yang kembali mengkhawatirkan memerlukan sukarelawan yang berani ambil resiko untuk ikut membantu pemerintah memberantas wabah virus mematikan ini.

Salah satu yang diperlukan warga saat ini adalah melakukan penyemprotan desinfectan. Komunitas Komando Anak Kesatrian (KAK) kumpulan anak ex TNi di Kesatrian Jatingaleh Semarang, menyadari kondisi tersebut dan melakukan aksi penyemprotan desinfectan di kawasan Kesatrian Jatingaleh.

Pembina KAK Irjen (Purn) Eko Hadi Sutedjo di Semarang Minggu (20/6/2021) mengemukakan, aksi bhakti sosial berupa penyemprotan dilakukan mengingat petugas yang terbatas, perlu dibantu agar skala penyemprotan lebih masif dan bisa menjangkau perkampungan dan gang gang  sempit.

Eko menegaskan pemberlakukan lockdown di beberapa kawasan RT/RW sangat penting untuk mereduksi penyebaran wabah.

Namun kondisi tersebut tidak mengurangi semangat KAK menerjunkan sukarelawan melakukan penyemprotan.

"Ketika semua orang tinggal di rumah dalam situasi seperti ini,memang harus ada yang tetap peduli dan berani melakukan penyemprotan"
tegas EHS sapaan akrab mantan Kapolda Sumut dan Banten ini.

Secara swadaya KAK memiliki alat penyemprotan dan obat desinfectan mendapat bantuan dari Kecamatan Candisari.

"Ada pesan moral yang ingin kami sampaikan.Semua harus merasa bertanggungjawab membantu pemerintah mengatasi situasi yang sulit ini dan diperlukan sukarelawan yang iklas terjun ke tengah masyarakat melalui berbagai aktivitas termasuk penyemprotan. Sekecil apapun yang kita lakukan akan bermanfaat bagi lingkungan, karena Covid 19 musuh kita bersama. Untuk itu diperlukan kemauan dan tekad untuk menjadi sukarelawan,"tegas EHS.

Sementara itu Ketua Umum KAK Hasto Kuncoro menjelaskan,aksi penyemprotan desinfectan akan dilakukan setiap minggu sekali berkoordinasi dengan kelurahan,kecamatan dan perangkat RT / RW.**

Editor : Dwi Putro Agus Asianto