logo

Pertandingan Persis Solo vs PSG Pati Jadi Pembuka Piala Wali Kota

Pertandingan Persis Solo vs PSG Pati Jadi Pembuka Piala Wali Kota

Konferensi pers Piala Wali Kota Solo yang digelar secara online
11 Juni 2021 17:06 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pertandingan Persis Solo melawan PSG Pati akan menjadi laga pembuka dalam Piala Wali Kota Solo 2021. Diikuti delapan tim dari Liga 1 dan Liga 2, Piala Wali Kota digelar di Stadion Manahan Solo,mulai tanggal 20 hingg 26 Juni mendatang.

Ketua Organizing Commitee (OC) Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda dalam jumpa pers yang digelar virtual, Jumat (11/6/21) mengatakan pertandingan Piala Wali Kota 2021 menggunakan sistem gugur. Untuk hadiah, total yang akan diberikan sebesar Rp1,1 mikiar untuk tim yang masuk empat besar.

"Juara 1 sebesar Rp500 juta, juara kedua Rp300 juta, juara ketiga Rp200 juta dan peringkat keempat Rp100 juta," jelasnya.

Selain itu untuk match fee panitia menyiapkan Rp115 juta per pertandingan. Untuk klub yang menang Rp75 juta, dan Rp40 juta untuk yang kalah.

"Kick off tanggal 20 Juni, hasil drawing pertandingan pertama dibuka Persis melawan PSG Pati dan malamnya Persib Bandung melawan Arema FC," jelasnya lagi.

Turnamen pramusim tersebut diikuti empat klub Liga 1 Persib Bandung, Bhayangkara FC, Arema FC, dan Bali United. Ada juga empat klub Liga 2 yakni Persis Solo, Dewa United, Rans Cilegon, dan PSG Pati.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan turnamen Piala Wali Kota tersebut digelar untuk meramaikan suasana dimana animo fans dan suporter sepakbola saat ini cukup tinggi.

"Menjelang Liga 1 dan Liga 2 serta Euro, animo tinggi maka Piala Wali Kota digelar sebelum dimulainya Liga 1," kata Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut mengaku bangga karena saat ini banyak klub sepakbola yang dipegang anak muda. Ini membuktikan semangat anak-anak muda dan aura positif bagi perkembangan sepakbola di Indonesia.

"Turnamen tetap memperhatikan prokes seperti yang dilakukan pada Piala Menpora lalu" katanya lagi

Pada jumpa pers tersebut juga dihadiri bos RANS Raffi Ahmad, Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana, bos Persib Teddy Tjahyono dan bos Dewa United merangkap host jumpa pers, Rendra Soedjono. Serta perwakilan official broadcaster turnamen dari Indosiar, Harsiwi Achmad.

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep yang muncul di layar dengan lingkaran putih diatas kepalanya, mengatakan turnamen Piala Wali Kota Solo menjadi ajang ujicoba bagi Persis Solo sebelum bertanding di Liga 2 mendatang.

"Ini lingkaran kemenangan," ujar Kaesang menjawab pertanyaan tentang lingkaran putih di kepalanya.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu berharap Persis Solo bisa menang dalan laga perdana melawan PSG Pati mendatang.

"Maunya menang, yang penting sukses di Liga 2 dan masuk ke Liga 1," kata Kaesang.

Teddy Tjahyono yang juga bos Persib Bandung juga mengatakan pihaknya menyambut baik Piala Wali Kota Solo tersebut. Ajang tersebut digunakan Persib untuk pemanasan sebelum Liga 1 Juli mendatang. ***

 

 

Berikut jadwal Piala Wali Kota Solo 2021.

Babak penyisihan Ahad, 20 Juni 2021 Pukul 15.15 WIB: Persis Solo vs PSG Pati (pertandingan 1)

Pukul 18.00 WIB: Arema FC vs Persib Bandung (pertandingan 2).

Senin, 21 Juni 2021 Pukul 15.15 WIB: Dewa United vs RANS Cilegon FC (pertandingan 3).

Pukul 18.00 WIB: Bhayangkara FC vs Bali United (pertandingan 4).

Babak semifinal Rabu, 23 Juni 2021 Pukul 15.15 WIB: Pemenang pertandingan 1 vs pemenang pertandingan 3 (SF 1)

Pukul 18.00 WIB: Pemenang pertandingan 2 vs Pemenang pertandingan 4 (SF2).

Perebutan tempat ketiga Sabtu, 26 Juni 2021 Pukul 15.15 WIB: Tim kalah SF 1 vs tim kalah SF 2.

Editor : Gungde Ariwangsa SH