logo

Mimpi Jateng Miliki 500 Desa Wisata Hingga 2023

Mimpi Jateng Miliki 500 Desa Wisata Hingga 2023

Kota Semarang memiliki sejumlah Desa Wisata andalan. (Foto: SK.id/Pudyo Saptono)
05 Juni 2021 19:36 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Potensi wisata di Jawa Tengah tak akan pernah habis digali. Pemprov Jateng sendiri, memang memiliki mimpi luar biasa untuk sektor wisatanya.

Sampai akhir 2023 mendatang misalnya, Jawa Tengah setidaknya menargetkan bakal memiliki 500 Desa Wisata yang tersebar di 35 kabupaten/ kota .

“Saat ini kami sudah memiliki 420 Desa Wisata. Tinggal menambah 80 saja untuk mewujudkan mimpi kami,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng, Sinoeng Nugroho, saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, di Desa Wisata Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (4/6/2021).

Dari 420 desa wisata tadi, 150 diantaranya adalah desa wisata rintisan yang baru terbentuk. Kemudian, sekitar 200 desa wisata berkembang dan 20 lainnya sebagai desa wisata maju.

Diharapkan, ke-420 desa wisata yang ada segera naik peringkatnya, yakni desa wisata yang baru terbentuk bisa menjadi desa wisata berkembang. Kemudian, desa wisata berkembang menjadi desa wisata maju.

“Yang sekarang belum menjadi desa wisata bisa meningkat menjadi desa wisata rintisan, sehingga target di 2023 Jawa Tengah memiliki 500 desa wisata dapat tercapai,” katanya.

Sinoeng menambahkan, Pemprov Jateng selama dua tahun terakhir telah memberikan stimulasi dana pengembangan desa wisata .

Stimulasi dana terbagi dalam tiga strata, yakni desa wisata rintisan, desa wisata berkembang, dan desa wisata maju.

Dukungan dana bagi desa wisata bersumbet dari APBD Jateng, yakni Rp100 juta untuk desa wisata rintisan, Rp500 juta untuk desa wisata berkembang dan Rp1 miliar bagi desa wisata maju. ***

Editor : Pudja Rukmana