logo

Apresiasi Pemerintah, NTB Minta WFB Diperluas Ke Destianasi Lain

Apresiasi Pemerintah, NTB Minta WFB Diperluas Ke Destianasi Lain

24 Mei 2021 22:02 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - LOMBOK: Rencana pemerintah untuk menggerakan program Work From Bali (WFB) guna membangkitkan kembali pariwisata Indonesia disambut hangat insan pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi pun mengapresiasi langkah pemerintah ini.

Yusron berharap kebijakan ini tidak hanya di Bali, tapi juga destinasi lain yang punya potensi pariwisata. 

"Kita mengapresiasi kebijakan pemerintah mencoba menerapkan work from destinasi-destinasi prioritas nasional seperti WFB. Kebijakan ini untuk coba membangkitkan kembali pariwisata tanah air yang tengah menghadapi situasi tidak mudah akibat pandemi. Daerah-daerah pun akan berupaya menyiapkan destinasinya lebih baik untuk bisa dikunjungi dengan prokes yang terstandar, jikalau kemudian juga dipercaya sebagai tempat penerapan kebijakan tersebut," kata Yusron kepada SuaraKarya, Senin (24/5/2021).

Dipihak lain, kata Yusron, dari sini akan tumbuh semangat para pelaku usaha wisata mempersiapkan layanan yang sehat dan aman bagi para pengunjung. Karenanya kebijakan seperti WFB ini harus diperluas, hendaknya diterapkan pula di destinasi prioritas lainnya termasuk Lombok-Sumbawa.

"Daerah kami punya obyek wisata yang menarik nan eksotik bagi para pelancong, tak kalah dengan Bali atau tempat lainnya. Selain dekat dengan flight dari Jakarta hanya 1,5 jam juga Lombok-Sumbawa dalam beberapa saat ke depan akan menjadi tuan rumah sport tourism skala nasional bahkan internasional. Kami tentu harus mempersiapkan diri menerima dan melayani tamu-tamu dengan standar kesehatan yang baik," ujar Yusron.

"Dengan penerapan work from Lombok-Sumbawa misalnya, ini akan melatih sekaligus menguji kesiapan kami menyelenggarakan prokes menghadapi event-event tersebut," jelas Yusron.

Meski menyambut baik, Namun menurut Yusron pihaknya masih perlu melihat konkrit penerapan kebijakan ini seperti apa.

Sebelumnya pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berencana menggencarkan program Work from Bali atau "Bekerja dari Bali" bagi kementerian di bawah koordinasinya. Artinya pegawai kementerian nantinya akan bekerja dari Bali. Rencana ini untuk kembali membangkitkan pariwisata tanah air.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH