logo

Angkat Musisi Daerah, Jagonya Musik Rilis Pop Nusantara

Angkat Musisi Daerah, Jagonya Musik Rilis Pop Nusantara

Ardia Diwang salah satu penyanyi di album Pop Nusantara yang dirilis Jagonya Musik
21 Mei 2021 23:02 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Jagonya Musik dan Sport Indonesia meluncurkan CD kompilasi Pop Nusantara yang berisi lagu-lagu berbahasa daerah. CD kompilasi yang berisi 10 lagu ini berbeda dengan CD yang dirilis Jagonya Musik sebelumnya.

"Kalau lagu dengan bahasa daerah baru kali ini, sebelumnya pop dan dangdut. Sekarang kita coba dengan lagu berbahasa daerah sekaligus membantu musisi daerah," jelas Head Project Jagonya Musik dan Sport Indonesia, Ivan Rakafino, saat melakukan kunjungan store KFC di KFC Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/5/2021).

Dalam album kompilasi tersebut, Jagonya Musik mengambil lagu-lagu dalam beberapa bahasa daerah. Yakni Bahasa Minang, Jawa, Sunda, Batak, Ambon. Lagu-lagu tersebut sebagian besar juga dinyanyikan penyanyi daerah. Pihaknya menargetkan 300 ribu keping bisa terjual melalui gerai KFC do seluruh Indonesia.

"Sejak bulan Mei dirilis sampai saat ini sudah terjual 50 ribu keping CD," katanya.

Pemilihan artis dalam Pop Nusantara tersebut berdasarkan pada streaming digital dengan memilih musisi daerah yang memiliki viewer banyak. Salah satunya adalah penyanyi asal Tulungagung, Jawa Timur, Ardia Diwang yang membawakan lagu Rembulan.

"Ardia Diwang lewat lagu Rembulan sudah ada 18 juta viewer," katanya lagi.

Ardia Diwang menjadi salah satu penyanyi yang ada di dalam album Pop Nusantara tersebut. Selain Sule, Doel Sumbang, Happy Asmara, Viky Sianipar, Doddie Latuharhary, Kapthenpure K, Sanza Soleman ft Near serta Jelita ft Aprillian.

"Senang dan bangga masuk dalam CD kompilasi ini. Karena karya saya bisa dinikmati lebih banyak orang," ujar penyanyi berusia 20 tahun itu yang akrab dipanggil Diwang itu.

Diwang sendiri sebelumnya lebih sering membuat cover lagu-lagu berbahasa Jawa. Sedangkan lagu Rembulan yang merupakan ciptaan musisi asal Trenggalek, Ipa Hadi tersebut juga menjadi salah satu lagu dalam albumnya yang bertajuk Rembulan yang direkam HR Production untuk format digital dan Youtube.

Penyanyi lulusan SMA 1 Ngunut Tulungagung itu, awalnya berlatar belakang penyanyi sinden wayang. Sebelum akhirnya membuat cover lagu-lagu milik orang lain.

"Kalau untuk menyanyikan lagi Rembulan memang lebih sulit karena.genrenya berbeda dengan yang biasa saya nyanyikan," kata Diwang yang sudah mulai bernyanyi sejak usia lima tahun itu lagi.

Anak kedua dari tiga bersaudara itu berharap album kompilasi Pop Nusantara bisa dinikmati masyarakat luas.

"Lagu Rembulan juga sudah ada video klipnya. Selain lagu Sumamburat Bang Bang Wetan dan Titip Roso Kangen. Lagu Rembulan ini yang dipilih Jagonya Musik," tambah Produser HR Production, Hendrik Moncrot. ***

Editor : Markon Piliang