logo

15.800 Kendaraan Melintas Jalan Tol Solo-Ngawi Jelang Larangan Mudik

15.800 Kendaraan Melintas Jalan Tol Solo-Ngawi Jelang Larangan Mudik

Gerbang tol Ngemplak Boyolali
06 Mei 2021 21:06 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sebanyak 15.800 kendaraan melintas di ruas tol Solo-Ngawi pada tanggal 30 April lalu. Untuk sementara jumlah tersebut merupakan puncak arus mudik Lebaran tahun ini, sebelum diberlakukan aturan pelarangan mudik Lebaran tanggal 6 Mei hingga 17 Mei.

Sedangkan pada hari pertama diberlakukan aturan tersebur, sebanyak 700 kendaraan dipaksa putar balik oleh petugas kepolisian dari Polda Jawa Timur dan Polda Jawa Tengah di Gerbang Tol Ngawi.

"Lalu lintas di ruas tol Solo-Ngawi tanggal 30 April kemarin mencapai 15.800 kendaraan. Untuk sementara ini menjadi puncak arus mudik Lebaran tahun ini," jelas General Manajer Teknik dan Operasional JSN, Saktia Lesan Dianasari, Kamis (6/5/2021).

Dua hari menjelang pelarangan mudik tanggal 6 Mei hingga 17 Mei, jumlah kendaraan yang melintas justru mengalami penurunan. Pada Selasa (4/5)/2021) jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 15.100. Sedangkan pada hari Rabu (5/5/2021) turun menjadi 14.300 kendaraan. Sebelumnya diperkirakan puncak arus mudik di ruas tol Solo-Ngawi terjadi pada tanggal 2 Mei.

"Sehingga untuk sementara puncak arus balik terjadi tanggal 30 April karena dua hari terakhir menjelang pelarangan mudik justru jumlahnya menurun," jelasnya lagi.

Terkait kendaraan yang dipaksa putar balik karena adanya larangan mudik, Manajer Operasional PT JSN, Imam Zarkasih mengatakan tidak semua kendaraan bisa masuk jalan tol.

"Kami melakukan penyekatan di dua lokasi di ruas tol Solo-Ngawi. Yakni di KM 528 Sragen dan di KM 579 Ngawi," katanya.

Sebanyak 700 kendaraan yang dipaksa putar balik tersebut terjaring razia di gerbang tol Ngawi. Untuk penyekatan di gerbang tol Sragen dilakukan secara situasional. Tetapi disana ada pemeriksaan surat negatif Covid-19 serta Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Pada hari pertama diberlakukannya larangan mudik ini, situasi tol Solo-Ngawi landai. Ini karena adanya penyekatan," katanya lagi.

Sementara itu meskipun ada regulasi larangan mudik, PT JSN tetap menyiapkan tim untuk memantau arus mudik dan balik. ***

Editor : Markon Piliang