logo

Ingin Sayuran Kaya Mineral ? Ini 6 Tips Memilih Brokoli Segar

Ingin Sayuran Kaya Mineral ? Ini 6 Tips Memilih Brokoli Segar

Sayuran Brokoli (ist)
15 April 2021 21:53 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Salah satu sayuran yang terkenal akan serat dan juga kandungan mineralnya yang tinggi adalah brokoli. Sayur ini seringkali diolah berbagai macam sayuran lezat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai sayur brokoli ini. Pertama adalah bagaimana caranya agar sayur ini bisa bertahan lebih lama dan tetap segar. Kemudian, kedua apakah ada tips memilih brokoli yang segar.

Untuk mendapatkan jawabannya, simak aja pembahasan tips ini:

Memilih Brokoli Berwarna Hijau Tua

Cara pertama yang sangat mudah adalah memilih brokoli yang memiliki warna hijau tua segar. Brokoli dengan warna ini akan terasa renyah dan enak ketika diolah, karena brokoli jenis ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Sebaliknya, jangan memilih brokoli yang memiliki warna agak kekuningan, meskipun harga brokoli tersebut lebih murah dari biasanya. Brokoli yang berwarna agak kekuningan masa segarnya sudah lewat dan jika kita olah menjadi masakan rasanya tidak renyah.

Memilih Brokoli Dengan Kepala Kukuh

Selain warna, kunci dari brokoli tersebut segar ada pada kepalanya. Brokoli yang memiliki kualitas baik biasanya memiliki tekstur bagian kepalanya yang kukuh dan tidak mudah lepas dari batangnya ketika kita pegang.

Cara mengetahuinya cukup mudah, kita bisa memeriksa dengan tangan kira sendiri, remas perlahan dan jika ada brokoli yang tercabut itu tandanya brokoli tersebut kualitasnya kurang baik. Dan jika tidak ada yang terlepas, brokoli tersebut layak untuk dibeli.

Pastikan Brokoli Tidak Keadaan Basah Saat Dibeli 

Cara berikutnya yang tidak kalah penting adalah tingkat kelembapan pada brokoli. Cara ceknya pegang terlebih dahulu dan pastikan brokoli tersebut tidak dalam kondisi basah.

Kenapa bisa begitu ? karena jika brokoli dalam keadaan basah, air ini yang akan membuat brokoli cepat layu maupun busuk. Maka dari itu, usahakan untuk memilih brokoli yang masih dalam keadaan kering ya.

Dengan begitu, brokoli yang kita beli bisa bertahan lebih lama dan terhindar dari pembusukan yang cepat

Simpan Dalam Mangkuk Seperti Buket

 Ini yang belum banyak orang tahu, padahal cara ini bisa menjaga kesegaran warna brokoli yang kita beli.

Pertama-tama ratakan terlebih dahulu batang brokolinya, selanjutnya letakkan ke dalam sebuah mangkuk yang air setinggi dua sentimeteran.

Hadapkan kepala brokoli tersebut ke bagian atas dari luar mangkuk sehingga brokoli yang kita simpan di mangkuk tersebut terlihat seperti kumpulan bunga yang indah.

Selanjutnya, masukkan sesegera mungkin buket brokoli ini ke dalam kulkas dan dengan cara ini kita bisa menjaga kualitas kesegaran brokoli.

Simpan Brokoli Dengan Paper Towel

Pernah pergi ke supermarket dan melihat bagaimana mereka menyimpan brokoli ? Biasanya di supermarket itu brokoli disimpan dengan menggunakan paper towel sampai seluruh bagiannya tertutupi. Maka coba ditiru cara tersebut.

Tapi, sebelum membungkusnya, terlebih dahulu disemprot dengan air dingin. Dan semprotnya sedikit saja ke seluruh bagian tubuh dan kepala brokoli secara merata. Selanjutnya, lap brokoli tersebut dengan lembut menggunakan paper towel dan bungkus dengan rapi.

Selanjutnya, segera masukan brokoli yang sudah dibungkus tadi ke dalam kulkas, biasanya brokoli bisa bertahan selama tiga sampai empat hari.

Potong, Rebus Dan Bekukan

Cara berikutnya adalah dengan memotongnya, merebusnya, dan bekukan. Cara ini bisa menambah ketahanan brokolinya menjadi dua pekan loh. Bahkan, kualitas brokolinya juga tidak akan berubah sedikit pun.

Caranya gampang, pertama potong pada bagian kepalanya sampai menjadi beberapa bagian. Lalu, rebus brokoli tersebut dengan menggunakan air panas sampai sedikit empuk, kira-kira selama tiga menit.

Proses perebusan tidak perlu sampai matang sekali, karena nantinya kita akan mengolahnya lagi. Setelah sudah direbus, segera tiriskan sampai tidak basah lagi. Selanjutnya siapkan plastic ziplock dan masukan brokoli pada plastik tersebut. Lalu, tutup dengan sangat rapat.

Selanjutnya, masukan brokoli tersebut ke dalam freezer dan biarkan sampai membeku.

Jika kita ingin mengolahnya, pastikan brokoli yang tadi sudah dibekukan dicairkan terlebih dahulu di suhu ruangan. Bagaimana sekarang dengan mengikuti tips ini. Sudah tahu, jelas dan paham kan bagaimana cara menyimpan dan memilih brokoli dengan baik dan benar?

Karena sayang sekali jika kita sudah beli brokoli dengan harga mahal tapi pada akhirnya terbuang percuma saja karena brokolinya cepat busuk. Selamat mencoba tips diatas ya.***