logo

Tetap Bugar Saat Berpuasa

dr.Bagus Taufiqur Rachman, SpU, MARS. (FOTO: WhastApp).

Tetap Bugar Saat Berpuasa

13 April 2021 10:26 WIB

SuaraKarya.id - Oleh: dr.Bagus Taufiqur Rachman, SpU, MARS

Ramadhan adalah bulan istimewa yang selalu disambut dengan penuh suka cita oleh umat Islam, karena terdapat pahala yang hanya bisa diperoleh selama bulan Ramadhan. Namun, seperti yang diketahui, dua tahun terakhir kita harus menjalani bulan Ramadhan ditengah ujian berupa pandemi COVID 19. Asupan nutrisi dan pola hidup yang baik berperan penting terhadap kebugaran dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Lalu, bagaimanakah cara kita menjaga daya tahan tubuh selama menjalani ibadah puasa? Nutrisi dan pola hidup seperti apa yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan imunitas selama berpuasa? Berikut ini beberapa tips dalam menjaga kebugaran tubuh agar kegiatan ibadah dan rutinitas selama bulan suci Ramadhan berlangsung optimal.

Usaha menjalani puasa yang bugar dimulai dari kebiasaan sahur karena didalam sahur terdapat banyak keberkahan, sesuai hadis Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR Bukhari dan Muslim). Menu yang kita makan memengaruhi kerja tubuh. Perbanyaklah konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur pada waktu sahur, hindari mengkonsumsi makanan berminyak karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga aliran oksigen berkurang dan mengakibatkan mengantuk di siang hari.

Jalani aktivitas di pagi, siang sampai sore hari seperti biasa. Jalani ibadah wajib di awal waktu dan perbanyak ibadah sunah. Jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas fisik yang cukup. Anda dapat membuat jadwal sesuai dengan rutinitas harian untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap bugar. Kegiatan fisik dan waktu beraktivitas dapat disesuaikan dengan kenyamanan dalam berpuasa.

Ketika waktu berbuka telah tiba makanlah secukupnya. Makan secara bertahap mulai dengan secangkir air hangat dan sedikit makanan manis. Kemudian lanjutkan dengan makan malam sesuai dengan menu gizi seimbang yang terdiri dari 1/3 makanan pokok, 1/3 sayuran, 1/6 lauk pauk dan 1/6 buah-buahan. Batasi penggunaan garam, gula dan minyak. Usahakan untuk tidak makan malam terlalu banyak karena dapat menyebabkan obesitas. Hindari konsumsi kopi dan soda karena dapat membuat sulit tidur dan dapat menimbun banyak lemak. Bagi perokok hindari merokok, bulatkan tekat bulan Ramadhan adalah momen yang tepat untuk berhenti merokok. 

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah istirahat yang cukup, atur pola tidur untuk bangun sahur esok hari. Buat jadwal minum air putih minimal 8 gelas air perhari, yaitu 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat magrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat terawih dan 1 gelas sebelum tidur agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Bagi kalian yang harus mengkonsumsi obat secara rutin seperti penyakit dengan diabetes mellitus, epilepsy, asma dan hipertensi perlu dikakukan pemantauan terkait kondisi kesehatan masing-masing. Silahkan tanyakan perubahan jadwal minum obat pada dokter pribadi agar pemberiannya dapat disesuaikan selama menjalankan ibadah puasa.

Semoga Ramadhan dapat dijadikan kesempatan yang tepat untuk melatih tubuh agar dapat mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang sesuai kebutuhan. Lakukan rutinitas diatas secara konsisten. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memudahkan urusan kita menjalani ibadah Ramadhan di tengah masa pandemi tahun ini.

*dr.Bagus Taufiqur Rachman, SpU, MARS- Pengurus Komite Medis dan Dokter Spesalis Urologi RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi.

Editor : Gungde Ariwangsa SH