logo

Bersama Gibran, KAI Commuter Luncurkan KMT Edisi Kota Solo

Bersama Gibran, KAI Commuter Luncurkan KMT Edisi Kota Solo

KAI Commuter bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meluncurkan Kartu MultinTrip edisi Kota Solo
08 April 2021 23:30 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus Kota Solo. Peluncuran KMT tersebut dilakukan bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Stasiun Solo Balapan, Kamis (8/4/2021).

Kartu ini merupakan edisi khusus kedua yang terinspirasi dari Kereta Rel Listrik (KRL) yang melewati wilayah Yogyakarta – Solo. Sebelumnya pada Oktober 2020 KAI Commuter juga menerbitkan KMT edisi khusus Yogyakarta.

"KMT edisi khusus Solo hanya dicetak 1.000 kartu . Secara resmi mulai dijual Kamis siang inii di seluruh stasiun KRL lintas Yogyakarta-Solo Balapan," jelas Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari.

KMT edisi khusus Solo dijual dengan harga Rp 30.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000. KMT edisi khusus ini menggunakan unsur landmark Kota Solo, dengan mengangkat suasana lokal yang penuh makna.

Piihan warna merepresentasikan dua unsur sejarah yang tak lepas dari Kota Solo yaitu warna biru mewakili Keraton Kasunanan Surakarta dan warna hijau-kuning mewakili Kraton Mangkunegaran Surakarta.

"KMT edisi Kota Solo ini sebagai apresiasi antusiasme masyarakat Solo atas beroperasinya KRL Solo-Yogyakarta," jelasnya lagi.

Bagi pengguna KRL yang ingin mengetahui sejarah KMT dalam berbagai edisi khusus dapat melihat display KMT tersebut di 6 stasiun. Seperti di Stasiun Yogyakarta yang menampilkan display KMT edisi pertama kali terbit, Stasiun Lempuyangan yang menampilkan display KMT edisi Save Our Earth, Stasiun Maguwo yang menampilkan display KMT edisi HUT KAI Commuter dan cobranding. Stasiun Klaten yang menampilkan display KMT edisi Asian Games,

Stasiun Purwosari yang menampilkan KMT edisi The Tale of Karel, dan Stasiun Solo Balapan yang menampilkan display KMT edisi Solo.

“KAI Commuter sangat mendukung transaksi cashless ini karena berbagai layanan yang memanfaatkan teknologi dapat kami kembangkan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi KMT bernuansa Kota Solo tersebut.

"Dengan adanya KMT ini memudahkan penumpang untuk naik KRL Harapannya nanti ini juga bisa mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi," ujar Gibran.

Gibran mempersilahkan warga untuk menggunakan KRL Solo-Yogyakarta tersebut. Tetapi harus tetap menaati protokol kesehatan. Dalam peluncuran KMT edisi Kota Solo itu, Gibran bersama rombongan juga sempat mencoba KRL dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Purwosari Solo.

Sepanjang Februari 2021, KAI Commuter mencatat rata-rata pengguna KRL Yogyakarta-Solo per hari sejumlah 4.809 orang. Sedangkan sepanjang Maret 2021 lalu rata-rata pengguna per hari mencapai 6.328 orang atau bertambah 31,5%. Jumlah pengguna terbesar yang pernah dilayani KRL Yogyakarta -Solo adalah 10.535 pengguna dalam satu hari pada 4 April 2021 lalu. ***

Editor : Pudja Rukmana