logo

Mahkamah Agung Terus Berbenah Dengan Berbagai Inovasi

Mahkamah Agung Terus Berbenah Dengan Berbagai Inovasi

MA
08 April 2021 11:57 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Mahkamah Agung (MA) terus berbenah. Tentu saja hasil dari berbagai upaya maupun kerja keras itu tidak dapat dinikmati sekaligus. Melainkan tampak secara bertahap kemudian dapat dirasakan para pencari keadilan dan masyarakat.

Menurut Ketua MA M Syarifuddin tiada istilah lelah dan harus terus menerus berupaya mewujudkan peradilan yang berkeadilan dan agung. Tentu saja tidak hanya mengandalkan inovasi dan kiat-kiat saja tapi perilaku dari aparatur pengadilan itu sendiri.

Hal itu dikemukakan Syarifuddin saat meresmikan Command Center Ditjen Badilum di Jakarta. Peresmian Command Center itu didahului penyerahan sertifikat akreditasi penjaminan mutu kepada 56 pengadilan negeri yang memperoleh nilai A (Excellent). Di antaranya Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara yang saat ini menempati bekas gedung PN Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Hal itu terjadi karena gedung PN Jakarta Utara sendiri sedang dalam pembangunan. Namun pembangunannya terhenti sementara selama Covid-19.

Selain penyerahan sertifikat akreditasi penjaminan mutu sebagaimana ditulis Antara, dilakukan pula peluncuran beberapa aplikasi berupa inovasi serta pemberian penghargaan kepada pengadilan negeri yang keberhasilan mediasinya berada pada peringkat 1 sampai dengan 3, dan juga memberikan penghargaan kepada peringkat 1 sampai dengan 3 hakim mediator yang paling banyak berhasil dalam melakukan mediasi.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (Dirjen Badilum) Prim Haryadi mengatakan bahwa penyerahan sertifikat akreditasi ini jangan hanya tampilan fisik pengadilan tetapi lebih kepada perubahan mindset aparatur pengadilan. “Akreditasi adalah program berkelanjutan yang dievaluasi secara teratur, dan Ditjen Badilum tidak segan-segan menurunkan nilai akreditasi Satker apabila hasil surveynya menunjukkan penurunan,” ujarnya.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh pengadilan yang hari ini menerima sertifikat akreditasi tidak berpuas diri. "Saya mengucapkan selamat kepada semua pengadilan yang hari ini menerima sertifikat akreditasi," ujarnya, Rabu (7/4/2021).***

Editor : Gungde Ariwangsa SH