logo

Komisaris Utama Pertamina Ahok Minta Masyarakat Tinggalkan Premium

Komisaris Utama Pertamina Ahok Minta Masyarakat Tinggalkan Premium

Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama di rumah dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
08 April 2021 10:18 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta masyarakat untuk meninggalkan bahan bakar minyak (BBM) Premium. Masyarakat dihimbau untuk menggunakan Pertalite dan Pertamax karena lebih hemat. Meskipun menghimbau untuk meninggalkan Premium tetapi sampai saat ini pemerintah belum menghapusnya.

"Kita bertahap saja karena daerah lain masih membutuhkan. Dulu di DKI Jakarta sudah pernah saya hapus," kata Ahok seusai bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Rumah Dinas Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/4/2021) malam.

Lebih lanjut Ahok mengatakan melalui program Langit Biru, pihaknya mengajak masyarakat meninggalkan Premium. Jenis BBM Pertalite dan Pertamax dari sisi lingkungan lebih baik begitu juga dari sisi ekonomi, lebih hemat.

"Di Jawa Tengah sedikit yang menggunakan Premium. Karena masyarakat semakin sadar, jika dari sisi lingkungan dan sisi ekonomi lebih baik menggunakan Pertamax dan Pertalite," jelasnya.

Ahok juga menyebut, kendaraan yang diproduksi era sekarang ini sebenarnya dirancang bukan untuk BBM jenis Premium. Tetapi sampai kapan pemerintah mempertahankan Premium, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku tidak tahu.

"Sampai kapan tidak tahu, tanya ke menteri. Kita hanya melaksanakan," katanya lagi.

Sebelumnya Ketua Badan Anggaran (Banggar) Said Abdullah mengkritik pemerintah karena sampai saat ini BBM Premium masih beredar di pasaran. Padahal di negara lain sudah meninggalkan BBM jenis ini. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto