logo

Hadirnya Dorna Sport, Sejumlah Kalangan Optimis Gelaran MotoGP Di Mandalika

Hadirnya Dorna Sport, Sejumlah Kalangan Optimis Gelaran MotoGP  Di Mandalika

08 April 2021 05:35 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - LOMBOK: Sejumlah kalangan, khususnya praktisi dan pelaku usaha pariwisata optimis akan gelaran MotoGP di Mandalika. Terlebih dengan hadirnya Dorna Sport, pengelola MotoGP.

Dorna Sport mengapresiasi penuh, progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika yang mencapai 70 persen. Kepastian gelaran MotoGP seri Mandalika-Indonesia sangat tergantung kondisi pandemi dunia dan Lombok khususnya.

Pegiat pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, mengaku optimis sejarah kebangkitan pariwisata Indonesia khususnya Lombok-Sumbawa akan bangkit. Bangkitnya pariwisata tanah air sekaligus menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Ini akan menjadi sejarah sekaligus menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya NTB," tegas Taufan Rahmadi yang kerap disapa TR ini, Rabu (7/4) di Mataram.

Sejak informasi kedatangan Dorna Sport, TR yang mewakili Menparekraf di agenda kedatangan organisasi penyelenggara MotoGP internasional ini, sudah yakin gelaran MotoGP di Lombok akan terwujud. Dari jauh hari TR juga sudah meminta pemerintah daerah menyiapkan beberapa hal terkait strategi rumah rakyat seperti home stay untuk mengantisipasi defisit kamar hotel. 

"Bukan itu saja, hal penting lain adalah atraksi budaya di desa wisata, sumber daya manusia yang mumpuni, persiapan UMKM dan kesiapan sarana transportasi yang maksimal," papar TR mengingatkan semua pihak.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wiryoatmodjo, menegaskan, gelaran MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika masih berproses. Pemerintah memiliki kewajiban menyelesaikan seluruh infrastruktur sirkuit hingga Juli mendatang. 

"Soal gelaran MotoGP akan ada pembahasan lagi dengan pihak Dorna Sport. Saat ini pemerintah punya kewajiban menyelesaikan seluruh infrastruktur sirkuit", tegas Wamen BUMN di lokasi pembangunan sirkuit Mandalika, Lombok Tengah.

Ia menegaskan, terkait kepastian gelaran MotoGP ada di pihak Dorna Sport. Terutama kondisi pandemi dunia dan Lombok khususnya untuk menggelar seri balapan motor pada tahun ini di Sirkuit Mandalika. Namun demikian, pihak Dorna mengapresiasi progres pembangunan sirkuit yang telah mencapai 70 persen. Hal ini membuktikan komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan event skala internasional tersebut.***

Editor : Markon Piliang