logo

Aplikasi PP-Iptek Virtual Diluncurkan, Siap Berikan Kemudahan Kunjungan Virtual Science E-Trip

Aplikasi PP-Iptek Virtual Diluncurkan, Siap Berikan Kemudahan Kunjungan Virtual Science E-Trip

06 April 2021 23:38 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pusat Peragaan Iptek (PP-Iptek) Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) sebagai science center Indonesia mengembangkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses program dan kegiatan yang ada di PP-Iptek di masa pandemi Covid-19.

Digitalisasi Layanan PP-Iptek di Era 4.0, mulai besok, Rabu (7/4/2021) sudah bisa dimanfaatkan oleh publik. Demikian disampaikan Direktur PP-Iptek, M. Syachrial Annas kepada media saat mensosialisasikan layanan PP-Iptek berbasis digital 4.0 di Gedung PP-Iptek, Komplek TMII, Jakarta, Senin (5/4/2021).

Menurut Syachrial Annas perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 adalah sebuah keniscayaan zaman. Bahkan kemajuannya semakin pesat. Era 4.0 ini juga menuntut konektivitas di segala hal termasuk dalam dunia pendidikan yang dilakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Korona.

"Dalam menerapkan 4.0, PP-Iptek sebagai science center melakukan transformasi pada sistem dan layanan yang berbasis digital. Khususnya dalam masa krisis pandemi Covid-19 ini. Penerapan 4.0 melalui layanan digital merupakan solusi permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran Iptek di sekolah sehingga guru harus tetap aktif dan kreatif dalam menyajikan pembelajaran di sekolah," ujar Syachrial Annas.

Sementara Kepala Sub Divisi Promosi dan Kerjasama PP-Iptek, Ika Mian Karlina menjelaskan Science Center PP-Iptek sebagai layanan publik dalam bidang pembelajaran sains, berupaya secepat mungkin melakukan transformasi menjadi science center dengan layanan berbasis digital. Transformasi digital PP-Iptek melahirkan beberapa layanan digital baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tetap dapat mengakses Iptek dari jarak jauh dan kapan pun.

"Melalui layanan digital PP-Iptek yang baru, yakni Aplikasi “PP-Iptek Vitual" yang dapat diakses di smartphone dan kunjungan virtual Science E-Trip melalui video converence akan menjadi solusi bagi permasalahan pembelajaran sains di masyarakat," jelas Ika.

Aplikasi PP-Iptek Virtual merupakan layanan kunjungan galeri berbasis digital yang dapat diakses secara daring oleh seluruh masyarakat. Layanan PP-Iptek Virtual berisikan konten alat peraga dan program sains PP-Iptek yang dikemas dalam beberapa media, seperti media teks, gambar, dan video pembelajaran.

"Untuk mengakses media-media tersebut, masyarakat dapat memilih akun biasa untuk mendapatkan informasi singkat tentang PP-Iptek atau akun premium untuk akses konten pembelajaran yang lebih interaktif," tutur Ika.

Fasilitas premium menyediakan lebih banyak fasilitas dan manfaat kepada masyarakat daripada akun biasa/free, dimana pada fasilitas premium menampilkan video pembelajaran alat peraga dan percobaan sains sehingga pengunjung mendapatkan informasi sains yang lebih mendalam seperti layaknya berkunjung secara langsung ke PP-Iptek.

Selain itu, fasilitas ini menyediakan modul Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi pengunjung yang akan mereka isi pada saat menonton video pembelajaran alat peraga. lInformasi dan pertanyaan yang tercantum pada LKS ini akan memandu pengunjung yang mengisi untuk berpikir kritis pada fenomena sains yang terjadi pada sebuah alat peraga pembelajaran.***