logo

Patriot Olahraga Indonesia Bangkit Bersama Grand Design Olahraga Nasional

Patriot Olahraga Indonesia Bangkit Bersama Grand Design Olahraga Nasional

16 Maret 2021 13:25 WIB

SuaraKarya.id -  

Oleh: Doedie Gambiro, MBA

Permintaan Presiden RI, Joko Widodo, untuk mengkaji Pembinaan Prestasi Olahraga Nasional adalah sebuah "Political Will" yang luar biasa dari Pemerintah. Tentu Political Will yang diungkapkan oleh Presiden menjadi angin segar bagi masyarakat yang terlibat dalam pembinaan olahraga prestasi di Indonesia.

Hal ini langsung diterjemahkan oleh Menpora, Zainuddin Amali, dalam bentuk pengkajian bersama yang melibatkan pihak KONI, KOI, NPCI, Akademisi, Pakar Olahraga dan Praktisi olahraga yang kemudian menghasilkan rumusan dalam bentuk Grand Design Olahraga Prestasi Nasional.

Semoga dengan adanya Grand Design Olahraga Nasional yang sesuai dengan keinginan Presiden RI untuk memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga Indonesia di dunia internasional, dapat dengan tepat diterjemahkan dalam bentuk Inpres yang diiringi pula dengan meningkatnya Anggaran untuk dana pembinaan  prestasi Olahraga Nasional.

Karena sebuah keniscayaan apabila untuk melaksanakan program-program yang sudah dirumuskan di Grand Design dalam rangka meningkatkan pembinaan prestasi Olahraga Nasional tidak didukung oleh Anggaran yang memadai, mengingat selama ini Anggaran pemerintah untuk pembinaan olahraga hanya Rp2,3 Triliun atau 0,08% dari APBN 2021 yang sebesar Rp2.750 Triliun (juru kunci diantara negara-negara ASEAN). 

Dengan Anggaran yang sangat minim itupun, Indonesia masih mampu untuk tidak menjadi juru kunci di pesta olahraga ASEAN atau SEA Games 2019. Oleh karenanya, sudah waktunya keinginan Presiden untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa di dunia internasional melalui olahraga prestasi diiringi pula secara linier dengan peningkatan Anggaran Pembinaan Olahraga Prestasi, misalnya Rp10 Triliun/tahun atau kurang dari 0,4% dari APBN (sebuah nominal yang realistis jika dilihat dari berbagai sudut pandang).

Sekali lagi, Political Will Presiden untuk mendorong peningkatan prestasi Olahraga Indonesia merupakan kejutan yang menyegarkan, menyemangati dan memotivasi masyarakat Indonesia khususnya dunia olahraga Indonesia di tengah meradang nya wabah virus Covid-19, apalagi tahun ini akan diselenggarakan PON XX-PAPUA pada tanggal 2-15 Oktober 2021 di Papua.

Mari bangkit Patriot Olahraga Indonesia! ***

• Doedie Gambiro, MBA -  Ketua BINPRES KONI Pusat 2019-2023
.