logo

Jelang Dies Natalis Ke-45 UNS Tambah Enam Guru Besar Sekaligus

Jelang Dies Natalis Ke-45 UNS Tambah Enam Guru Besar Sekaligus

Enam guru besar baru UNS yang akan dikukuhkan secara bersamaan secara luring dan daring Selasa (9/3/2021) besok
08 Maret 2021 22:36 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah menambah enam guru besar baru sekaligus. Keenam guru besar tersebut akan dikukuhkan secara luring dan daring, Selasa (9/3/2021).

Menurut Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof Ari Handono, kepada wartawan di UNS Inn, Senin (8/3/2021), tambahan enam guru besar tersebut menjadi momentum bersejarah bagi UNS.

"Karena bersamaan dengan momen Dies Natalis ke-45 UNS. Kalau biasanya hanya satu sampai tiga guru besar sekarang enam," katanya.

Bertambahnya enam guru besar tersebut akan semakin memperkuat UNS yang berstatus PTN BH. Keenam guru besar yang akan dikukuhkan Selasa besok adalah Prof. Dr. Bandi, MSi., Ak., CA, CT, CPA yang merupakan guru besar Bidang Ilmu Akuntansi dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang juga sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS. Prof Bandi merupakan guru besar ke-17 FEB dan ke-230 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Kejujuran Dalam Pelaporan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pengguna Pada Laporan Keuangan`.

Selain itu, Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si merupakan guru besar Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB yang juga sebagai Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS. Prof Izza merupakan guru besar ke-18 FEB dan ke-231 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Implementasi Financial Inclusion bagi Pekerja Migrant Indonesia, Best Practice Teori Permanen Income Life Cycle Hypothesis`.

Sedangkan Prof. Dr. Joko Triyono, S.T., M.T merupakan guru besar bidang Bidang Ilmu Teknik Mesin dari Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS. Yang menjadi guru besar ke-17 FT dan ke-232 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Pengembangan Material Implan Ortopedi Sebagai Produk Alat Kesehatan Kampus UNS: Prospek, Status Dan Tantangan`.

Prof. Dr. Ir. Sudadi, M.P yang merupakan guru besar Bidang Ilmu Teknologi Pupuk Hayati dari Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (FP) akan dikukuhkan sebagai guru besar ke-32 FP dan ke-233 UNS. Prof Sudadi akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Biofilm Biofertilizer Teknologi Pupuk Hayati Terkini Mendukung Pertanian Ramah Lingkungan`.

Guru besar kelima yang akan dikukuhkan adalah Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si yang merupakan guru besar bidang Genetika Tanaman dari Prodi Agroteknologi FP. Prof Endang menjadi guru besar ke-33 FP dan ke-234 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Peranan Genetika Dalam Pemuliaan Tanaman Bio-Energi`.

Dan Prof. Dr. Ir. Supriyadi, MS. merupakan guru besar bidang Ilmu Hama Tanaman dari Agroteknologi FP UNS menjadi guru besar ke- 34 FP dan ke-235 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Konservasi Musuh Alami Dengan Tumbuhan Berbunga Untuk Mendukung Pengendalian Hayati Hama Tanaman Yang Berkelanjutan`.

"Sejak tahun 2008 sampai saat ini saya mulai menekuni penelitian dibidang bioenergi khususnya agrofuel sesuai bidang saya. Tahun 2019 mulai melakukan penelitian dari tanaman kepuh atau orang mengenal dengan sebutan tanaman Gendruwo (Sterculia foetida Linn) memiliki potensi yang cukup baik untuk dikembangkan sebagai bahan baku bio-diesel ," papar Prof Endang Yuniastuti.

Melalui penelitian tersebut pihaknya berharap dapat berperan serta dalam membantu permasalahan kelangkaan energi. Melalui pengembangan energi alternatif atau EBT yang ramah lingkungan untuk mandiri energi. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto