logo

KM Fajar 8 Terbakar Di Dermaga Pelabuhan Rakyat, Kota Sorong

KM Fajar 8 Terbakar Di Dermaga Pelabuhan Rakyat, Kota Sorong

Foto skid (Yacob Nauly)
07 Maret 2021 20:30 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - KOTA SORONG: Humas Polres Sorong Kota , AKP Bolang, membenarkan telah terjadi kebakaran KM Fajar 8, di Pelabuhan Rakyat, Klademak Pantai, pusat Kota Sorong, Papua Barat,  Minggu (7/3/2021) sore  sekitar pukul 17.10 WIT.

“Benar saya sudah tahu kebakaran  kapal dimaksud  namun kronologis atau  latar belakang terjadi kebakaran tersebut belum diketahui pasti,”kata AKP Bolang  kepada suarakarya.id, melalui telepon genggamnya, tadi malam.

Informasi yang dihimpun suarakarya.id, di Dermaga Pelabuhan Rakyat setempat, KM Fajar  tersebut barusan sandar di dermaga ini.

 “Kapal Fajar itu baru tiba dari luar Sorong, dan belum terlalu lama saya liat dari jauh orang berlarian  sambil berteriak kebakaran,”kata Om Edi, salah satu saksi yang berada di TKP  ketika awal melihat terjadinya kebakaran tersebut.

Menurut Mama Adu, warga lainnya, yang berada di lokasi kebakaran, membenarkan bahwa ia  kaget melihat orang berlarian  sambil berteriak kapal terbakar. “Dan benar saya liat api muncul dari dek bagian belakang kapal Fajar 8 itu,”kata Mama Adu.

Gustab, warga lainnya di lokasi kebakaran tersebut, juga menuturkan bahwa api kemungkinan muncul dari dek bagian belakang kapal. “Karena, saya meihat  anak buah kapal (ABK) dan para buruh berteriak api,api terbakar,terbakar dan api itu mulai dari belakang ke depan sambil perlahan mundur ke arah laut di depan dermaga itu,”katanya.

Namun, lanjut Gustab, kapal terbakar dengan cepat dan hanya beberapa detik api sudah menyebar  hingga ke seluruh  ruang kapal.

Beberapa Buruh Pelabuhan Rakyat kepada suarakarya.id, mengatakan untung saja seluruh penumpang sudah turun dari kapal.

“Pak, saya bersyukur,  bahwa kapal tiba di dermaga baru terjadi musibah itu. “Kalau di tengah laut terjadi kebakaran seperti ini, dipastikan ratusan penumpang Kapal Fajar itu  kesulitan menyelamatkan diri,”kata Simon.

Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi  atau tempat kejadian perkara (TKP)  kapal  yang terbakar sudah menjauh ke arah luar dermaga.

“Tapi saya juga merasa aneh karena masyarakat tumpah ruah ke  badan dermaga sehingga menyulitkan regu penyelamat untuk membantu memadamkan api.

Mobil pemadam  dari Pemkot Sorong, tiba di dermaga Pelabuhan Rakyat, lokasi kebakaran kapal tersebut 1,5 jam kemudian. “Meski begitu, mobil pemadam bisa  tiba di  TKP, namun objek terbakar sudah jauh ke laut,”kata Simon.

Pihak Administrator Pelabuhan Sorong, sulit ditemui untuk  dikonfirmasi terkait kebakaran kapal Fajar 8 tersebut. ***