logo

BPS Kota Sorong Mencatat TPK Hotel Bintang Januari 2021

BPS  Kota Sorong  Mencatat   TPK  Hotel Bintang  Januari  2021

Ir. Merry/Foto skid (Yacob Nauly)
01 Maret 2021 19:56 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - KOTA SORONG: Badan Pusat Statistik (BPS)  Kota Sorong, mencatat  tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel  bintang   pada Januari 2021 mencapai 48,34 persen.

“Hal itu menunjukkan bahwa  pada Januari 2021  hanya 48,34 persen  kamar hotel yang terpakai dari sejumlah  hotel yang tersedia di Kota Sorong,”kata Kepala BPS Kota Sorong, Ir. Merry MP kepada wartawan di Sorong, Senin (1/3/2021) siang.

Dikatakannya, rata-rata  lama menginap tamu  asing  dan Indonesia pada hotel berbintang di Kota Sorong mencapai 1,0 hari (1-2 hari) berlangsung selama bulan Januari 2021).

“Jadi secara keseluruhan , rata-rata lama  menginap tamu  asing Januari 2021 sebesar 1,7 hari (1-2 hari). Sedangkan tamu domestik  sebesar  1,0 hari (1-2 hari),”kata Merry.

Dikatakannya, Pariwisata  memegang peranan penting dan strategis dalam  pembangunan nasional. Undang-Undang (UU)  RI Nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan, mengatakan,  Pariwisata bertujuan  untuk meningkatkan  pertumbuhan ekonomi.

Dikatakan, Pariwisata  juga,  meningkatkan  kesejahteraan rakyat serta menghapus  kemiskinan, mengatasi pengangguran, memajukan  kebudayaan  dan mengangkat  citra bangsa.

Bagi Papua Barat, lanjut Merry,  daerah ini  memiliki potensi pariwisata  yang potensial. Sehingga,  kegiatan kepariwisataan  diharapkan mampu menjadi salah satu  kekuatan pembangunan  yang dapat diandalkan.

Dikatakannya,  perkembangan industry perhotelan di Kota Sorong dapat dilihat  pada indikator tingkat penghunian kamar hotel . Dan,  rata-rata lamanya tamu menginap. Tingkat penghunian kamar hotel (TPK) adalah jumah kamar yang telah disewakan  atau dihuni dibandingkan  dengan jumlah kamar yang tersedia di hotel.

 “Karena itu, semakin  meningkat jumlah wisatawan  maka perlu diimbangi dengan peningkatan penyediaan   akomodasi berupa kamar hotel. Hal ini untuk mengantisipasi kesenjangan  antara permintaan dan penawaran  kamar hotel akomodasi  bagi para pelancong tersebut,”kata Merry.

BPS  Kota Sorong , Juga mencatat rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Januari 2021 mencapai 1,86 hari. Angka itu mengalami penurunan jika dibandingkan posisi bulan sama tahun sebelumnya sebesar 0,02 poin. Pun demikian juga turun 0,25 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Desember 2020.

Secara umum, rata-rata lama menginap tamu asing Januari 2021 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata lama menginap tamu Indonesia, yaitu masing-masing 3,15 hari dan 1,84 hari.

Jika dirinci menurut provinsi, rata-rata lama menginap tamu yang terlama pada Januari 2021 tercatat di Provinsi Bali dengan 3,50 hari ,diikuti oleh Provinsi DKI Jakarta Sebesar 2,82 hari dan provinsi Papua Sebesar 2,81 hari. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto